250 Perusahaan Cina Pamerkan Produk Elektronik Terkini di Jakarta

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 September 2018 - 11:19 WIB

Pameran Elektronik Tiongkok (Foto Kormen)
Pameran Elektronik Tiongkok (Foto Kormen)

INDUSTRY.co.id -  Jakarta–ChaoYu Expo dan Peraga Expo kembali akan menyelenggarakan pameran B2B (business to business) produk-produk elektronik dan aksesorisnya dengan nama International Electronic & Smart Appliances Expo 2018.

Pameran yang akan digelar selama tiga hari pada 13-15 September 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran, ini akan diikuti oleh ratusan produsen-produsen produk elektronik terkemuka di Cina dan Indonesia.

Jason Chen, General Manager ChaoYu Expo selaku penyelenggara pameran, mengatakan, pelaku industry elektronik di Cina memandang Indonesia sebagai pasar potensial untuk memasarkan produk mereka. Mereka memanfaatkan peluang pasar tersebut dengan menggelar pameran International Electronic & Smart Appliances 2018 dengan dukungan pemerintah Cina.

“Bila selama ini banyak pengusaha Indonesia yang mencari peluang bisnis berkunjung ke Guangdong. Kali ini, para pengusaha Guangdong justru yang hadir di Indonesia untuk menjajaki kerjasama bisnis dengan pengusaha Indonesia. Jadi kami berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku industri dari kedua negara,” tambah Jason Chen.

Tahun ini merupakan pameran rutin tahunan memasuki tahun kedua. Kesuksesan tahun lalu dan respons positif dari para peserta pameran menjadi penyemangat para exhibitor untuk kembali lagi tahun ini untuk memperluas pasar produk-produk mereka di Indonesia, bahkan dengan jumlah peserta yang meningkat. Pameran akan diikuti oleh 250 perusahaan dengan mayoritas peserta dari Cina yakni 80%, dan 20 % dari dalam negeri. Para produsen elektronik dan aksesorisnya ini berasal dari provinsi Guangdong.

Guangdong adalah sebuah provinsi yang menjadi zona ekonomi utama Cina meliputi 9 kota industri yakni Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Foshan, Jiangmen, Dongguan, Zhongshan, Huizhou dan Zhaoqing. Guangdong menyumbang produk domestik bruto terbesar bagi ekonomi Cina.

Menempati area seluas 8,000 m2, lebih dari 25,000 macam produk elektronik akan dipamerkan antara lain meliputi Consumer Electronics, Mobile Phone & Accessories, Computer Network and Accessories, In-Car Electronics, Security Products & Smart Home, LED & Energy Saving Products, Home Appliances, Electronic Equipment & Components, dll.

ChaoYu Expo dan Peraga Expo selaku penyelenggara pameran menargetkan 5,000 pengunjung potensial melakukan transaksi. “Pengunjung potensial dengan usia 20-50 tahun yang umumnya membutuhkan produk elektronik mutakhir dan berpenghasilan tinggi,” ujar Jason Chen.

Pameran International Electronic & Smart Appliances 2018 didukung oleh asosiasi-asosiasi terkait antara lain APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional), ASISINDO (Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia), APERLINDO (Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia), GECC (Guangdong Electronic Chambers of Commerce) & DEIA (Dongguan Electronic Industry Association) China, serta Kementerian Perdagangan Luar Negeri Indonesia, dan Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia.

Selain pameran, pengunjung juga dapat mengikuti berbagai seminar yang penting untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan seperti seminar yang digelar oleh importer.orgdengan tema “Bagaimana Mengimpor Barang dari Cina dengan Mudah”, dll. (Kormen)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…