Mahasiswa Universitas Parahyangan Berkunjung ke Ciputra Artpreneur

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 September 2018 - 19:55 WIB

Mahasiswa Universitas Parahyangan Berkunjung ke Ciputra Artpreneur (Foto Dok Industry.co.id)
Mahasiswa Universitas Parahyangan Berkunjung ke Ciputra Artpreneur (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebanyak 161 mahasiswa dan 6 dosen pembimbing Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan Bandung berkunjung ke Ciputra Artpreneur Jakarta.  Kunjungan para civitas akademika Universitas Katolik Parahyangan Bandung ini dalam rangka belajar tentang cara mendesain sebuah bangunan pertunjukan musik yang bertaraf internasional.

Menurut A. Danang Widaryanto, salah satu dosen dari Universitas Katolik (Unika) Parahyangan Bandung, para mahasiswa arsitektur tersebut perlu diperkenalkan kepada berbagai model arsitektur bangunan, salah satunya bangunan pertunjukan musik.

“Tujuannya adalah untuk memperkaya para mahasiswa dengan beragam model atau desain bangunan arsitektur. Khusus untuk mahasiswa kami yang saat ini berada semester lima, kami ingin mencoba memperkenalkan mereka dengan model arsitektur bangunan pertunjukan musik,” kata Danang.

Danang melihat bahwa Ciputra Artpreneur Jakarta merupakan sebuah objek bangunan yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain memiliki standar internasional untuk bangunan pertunjukan, Ciputra Artpreneur Jakarta juga sangat unik karena memiliki keragaman jenis dan fungsi bangunan yakni terdiri dari Theater, Museum, dan Gallery.

Ditambahkan Danang, keunikan lainnya dari Ciputra Artpreneur Jakarta adalah letak bangunannya yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, yakni Lotte Shopping Avenue di Ciputra World 1 Jakarta. Dalam kunjungan ini, dosen pembimbing menekankan para mahasiswanya untuk mempelajari tentang desain interior, penataan sistem akustik, dan model integrasi bangunannya.

“Dengan demikian, mereka punya banyak referensi dan pembanding tentang bagaimana mendesain sebuah bangunan pertunjukan musik. Tentunya, kami juga akan memperkenalkan mereka untuk belajar tentang model-model bangunan yang lain, seperti stadion, gedung bertingkat, dan lainnya,” kata Danang.

Para mahasiswa dan dosen ini juga berkesempatan mengunjungi Museum Ciputra Artpreneur yang saat ini tengah memamerkan 32 lukisan dan 18 sketsa dari maestro seni rupa Indonesia, Hendra Gunawan. Setelah dari Museum, segenap mahasiswa dan dosen lalu melanjutkan kunjungannya ke Theater Ciputra Artpreneur.

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta Rina Ciputra Sastrawinata menyampaikan bahwa Ciputra Artpreneur Jakarta terdiri dari Gallery, Museum, dan Theater. Sampai sekarang, Ciputra Artpreneur Jakarta sudah meraih beberapa penghargaan internasional dan nasional, antara lain :

  1. Gold Winner dalam ajang penghargaan FIABCI Prix d'Exellence Award 2016, di Panama City.
  2. Dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu: Galeri pameran dengan layar proyeksi terbesar, dan Theater pertunjukan di lantai tertinggi (terletak di lantai 13)
  3. Gold Winner dalam ajang penghargaan REI (Real Estate Indonesia) Property Awards 2016 Kategori Purpose Build.

“Ciputra Artpreneur bertujuan untuk mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan berbasis seni dan budaya dengan cakupan yang luas mulai dari seni rupa, seni kriya dan desain, seni arsitektur, seni pertunjukan, hingga seni musik,” kata Rina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.