Mahasiswa Universitas Parahyangan Berkunjung ke Ciputra Artpreneur

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 September 2018 - 19:55 WIB

Mahasiswa Universitas Parahyangan Berkunjung ke Ciputra Artpreneur (Foto Dok Industry.co.id)
Mahasiswa Universitas Parahyangan Berkunjung ke Ciputra Artpreneur (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebanyak 161 mahasiswa dan 6 dosen pembimbing Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan Bandung berkunjung ke Ciputra Artpreneur Jakarta.  Kunjungan para civitas akademika Universitas Katolik Parahyangan Bandung ini dalam rangka belajar tentang cara mendesain sebuah bangunan pertunjukan musik yang bertaraf internasional.

Menurut A. Danang Widaryanto, salah satu dosen dari Universitas Katolik (Unika) Parahyangan Bandung, para mahasiswa arsitektur tersebut perlu diperkenalkan kepada berbagai model arsitektur bangunan, salah satunya bangunan pertunjukan musik.

“Tujuannya adalah untuk memperkaya para mahasiswa dengan beragam model atau desain bangunan arsitektur. Khusus untuk mahasiswa kami yang saat ini berada semester lima, kami ingin mencoba memperkenalkan mereka dengan model arsitektur bangunan pertunjukan musik,” kata Danang.

Danang melihat bahwa Ciputra Artpreneur Jakarta merupakan sebuah objek bangunan yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain memiliki standar internasional untuk bangunan pertunjukan, Ciputra Artpreneur Jakarta juga sangat unik karena memiliki keragaman jenis dan fungsi bangunan yakni terdiri dari Theater, Museum, dan Gallery.

Ditambahkan Danang, keunikan lainnya dari Ciputra Artpreneur Jakarta adalah letak bangunannya yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, yakni Lotte Shopping Avenue di Ciputra World 1 Jakarta. Dalam kunjungan ini, dosen pembimbing menekankan para mahasiswanya untuk mempelajari tentang desain interior, penataan sistem akustik, dan model integrasi bangunannya.

“Dengan demikian, mereka punya banyak referensi dan pembanding tentang bagaimana mendesain sebuah bangunan pertunjukan musik. Tentunya, kami juga akan memperkenalkan mereka untuk belajar tentang model-model bangunan yang lain, seperti stadion, gedung bertingkat, dan lainnya,” kata Danang.

Para mahasiswa dan dosen ini juga berkesempatan mengunjungi Museum Ciputra Artpreneur yang saat ini tengah memamerkan 32 lukisan dan 18 sketsa dari maestro seni rupa Indonesia, Hendra Gunawan. Setelah dari Museum, segenap mahasiswa dan dosen lalu melanjutkan kunjungannya ke Theater Ciputra Artpreneur.

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta Rina Ciputra Sastrawinata menyampaikan bahwa Ciputra Artpreneur Jakarta terdiri dari Gallery, Museum, dan Theater. Sampai sekarang, Ciputra Artpreneur Jakarta sudah meraih beberapa penghargaan internasional dan nasional, antara lain :

  1. Gold Winner dalam ajang penghargaan FIABCI Prix d'Exellence Award 2016, di Panama City.
  2. Dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu: Galeri pameran dengan layar proyeksi terbesar, dan Theater pertunjukan di lantai tertinggi (terletak di lantai 13)
  3. Gold Winner dalam ajang penghargaan REI (Real Estate Indonesia) Property Awards 2016 Kategori Purpose Build.

“Ciputra Artpreneur bertujuan untuk mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan berbasis seni dan budaya dengan cakupan yang luas mulai dari seni rupa, seni kriya dan desain, seni arsitektur, seni pertunjukan, hingga seni musik,” kata Rina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.