Kembangkan Teknologi Nuklir, Indonesia Bisa Adopsi dari Rosatom

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 06 September 2018 - 17:11 WIB

Kementerian Pendidikan Tinggi Zambia bekerja sama dengan Perusahaan Energi Atom Negara Bagian Rusia, ROSATOM, membuka stan informasi khusus mengenai Pusat Sains dan Teknologi Nuklir (CNST) masa depan di Zambia.
Kementerian Pendidikan Tinggi Zambia bekerja sama dengan Perusahaan Energi Atom Negara Bagian Rusia, ROSATOM, membuka stan informasi khusus mengenai Pusat Sains dan Teknologi Nuklir (CNST) masa depan di Zambia.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Pendidikan Tinggi Zambia bekerja sama dengan Perusahaan Energi Atom Negara Bagian Rusia, ROSATOM, membuka stan informasi khusus mengenai Pusat Sains dan Teknologi Nuklir (CNST) masa depan di Zambia.

Perwakilan dari ROSATOM dan Sekretariat Interim Zambia tentang Sains dan Teknologi Nuklir (ISNST), yang dibentuk oleh pejabat senior dari berbagai Kementerian dan lembaga pemerintah, menjelaskan spesifikasi dan manfaat fasilitas nuklir masa depan kepada ribuan pengunjung yang hadir di pameran tersebut

Adapun Stan tersebut menyediakan informasi mengenai teknologi nuklir kepada publik yang dibuat untuk membantu Zambia berkembang dan diberdayakan secara ekonomi, seperti teknologi iradiasi makanan, pengobatan nuklir (yang sudah diimplementasikan di Rumah Sakit Kanker), materi sains, produksi radioisotop dan teknik identifikasi mineral. Materi-materi tersebut disiapkan oleh ROSATOM, ISNST dan Agensi Energi Atom Internasional (IAEA).

Dmitri Shornikow, CEO dari Rosatom Pusat dan Afrika Selatan, menjelaskan mengenai keuntungan dari pusat riset nuklir tersebut di masa depan dan menyampaikan pentingnya mengedukasi publik mengenai manfaat pusat riset  tersebut ”Sangatlah penting bagi penduduk Zambia untuk memahami bahwa pusat nuklir tersebut akan memberdayakan pertanian, pengobatan dan industri di masa yang akan datang.Terima kasih kepada aplikasi luas dari teknologi radiasi.

CNST juga akan terus mendorong pertumbuhan pendidikan dan sains nasional melalui pelatihan para ahli yang berkualifikasi tinggi di berbagai bidang.  Hal ini menandakan batu loncatan baru untuk pertumbuhan ilmiah, ekonomi dan teknologi Zambia. Fasilitas serupa telah berkontribusi di lebih dari 50 negara di seluruh dunia selama lebih dari 60 tahun. Saat ini, telah ada 245 reaktor riset kerja yang beroperasi di dunia dengan 58 unit yang beroperasi di Rusia”.

Beralih ke tanah air, Indonesia pun telah memiliki beberapa fasilitas yang berhubungan dengan nuklir dan telah beroperasi. Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN – saat ini mengoperasikan tiga reaktor riset di Jakarta (30 MW), Bandung, dan di Yogyakarta (100 kW).

BATAN juga merupakan salah satu institusi di dunia yang ditunjuk oleh International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk menjadi pusat kolaboratif untuk dua lingkup kegiatan, yaitu pengujian non-destruktif dan pemuliaan tanaman.

Meskipun belum ada pusat resmi untuk ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir, Kawasan Industri Buluminung di Kalimantan Timur tengah dipersiapkan untuk fasilitas semacam itu, yang tentunya kedepannya akan dapat meningkatkan fasilitas penelitian nuklir di Indonesia.

Rosatom (Perusahaan Energi Atom Rosatom) adalah sebuah perusahaan negara Rusia, salah satu pemimpin teknologi global. Ini adalah salah satu perusahaan terbesar Federasi Rusia dan salah satu pembayar pajak terbesar di negara tersebut. Rosatom menyatukan aset di bidang energi nuklir, perencanaan PLTN serta konstruksi dan rekayasa tenaga nuklir.

 State Corporation Rosatom adalah perusahaan pembangkit listrik terbesar di Rusia, yang pada tahun 2017 menghasilkan 202.868 miliar kWh listrik (18,9% dari total listrik yang dihasilkan di Rusia). Rosatom memegang posisi pertama di dunia dalam hal volume portofolio proyek luar negeri (35 unit listrik di 11 negara), posisi kedua di dunia dalam cadangan uranium dan posisi keempat di bidang pertambangan uranium.

State Corporation Rosatom mencakup 17% dari pasar bahan bakar nuklir secara global. Kegiatan Rosatom juga mencakup pembuatan peralatan dan produk isotop untuk digunakan dalam kedokteran nuklir, penelitian dan pengembangan, ilmu material, superkomputer dan perangkat lunak, pembuatan berbagai produk inovatif nuklir dan non-nuklir.

Strategi Rosatom meramalkan pengembangan proyek untuk pembangkit energi bersih, termasuk rekayasa tenaga angin. Rosatom menyatukan lebih dari 300 perusahaan, termasuk armada pemecah es yang unik di dunia.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…