Revolusi Industri 4.0 Dongkrak Pengembangan Kota Terintegrasi

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 September 2018 - 13:41 WIB

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)
Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian menyatakan, Revolusi Industri 4.0 yang ditandai tingginya peranan teknologi di sektor manufaktur akan turut mempercepat pengembangan kota terintegrasi.

Keberadaan kota terintegrasi yang dilengkapi infrastruktur dasar dan internet canggih untuk menyelesaikan berbagai persoalan (internet of things) sangat diperlukan bagi terciptanya perekonomian nasional yang maju.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar mengungkapkan, pemerintah sedang mendorong pengembangan jaringan dari 4G ke 5G di kawasan industri guna mempercepat implementasi Revolusi Industri 4.0.

“Kita sudah identifikasi kawasan industri mana saja yang siap,” kata Haris dalam pernyataannya, Rabu (5/9/2018).

Menurut Haris, mahalnya biaya investasi pengembangan jaringan 5G membuat belum ada pengelola kawasan industri yang secara resmi menyampaikan kesanggupan mengembangkan jaringan 5G.

Meski demikian, lanjutnya, dalam waktu dekat kawasan industri di beberapa daerah dapat mengembangkan 5G.

“Saya kira kawasan industri Jababeka, Karawang, Bekasi, dan Purwakarta bisa mengembangkan 5G guna mendorong Industri 4.0 khususnya pada lima sektor utama yakni otomotif, makanan minuman, tekstil, elektronik, dan kimia,” kata Haris.

Dia menambahkan Pemerintah menargetkan pada akhir tahun ini sudah mulai ada kawasan industri yang beralih ke jaringan 5G. Kementerian Perindustrian juga akan terus mendorong dan menyiapkan skema pengembangannya.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, sekitar 35% dari lahan yang sedang dikembangkan menjadi kawasan industri baru bertaraf internasional berada di Jawa Barat. Kabupaten Karawang masuk sebagai wilayah kawasan industri terintegrasi yang menjadi prioritas pembangunan di provinsi tersebut.

Khusus Karawang, saat ini sedang diselesaikan infrastruktur fisik seperti jalan tol layang dan pengembangan jaringan koneksi nirkabel 5G. Melalui kecepatan data, kehadiran 5G diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem inovasi yang dilakukan manufaktur dalam kawasan industri di daerah tersebut.

Salah satunya, Karawang New Industry City yang dapat menjadi bagian pengembangan kota industri terintegrasi kelas dunia. Keberadaan kota industri ini diharapkan mendorong inovasi dan turut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta menciptakan multiplier-effect yang bermanfaat bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah sekitar.

New Industry City ini akan terdiri dari lima industrial park, yaitu Material Konstruksi, Otomotif, Elektronik, Logistik, serta UKM & Inovasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…