Hari Ini, Presiden Jokowi Bersama Tiga Menterinya Resmikan Capaian Ekspor Satu Juta Unit Toyota

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 September 2018 - 09:05 WIB

Presiden Jokowi bersama Menperin membuka IIMS 2018 (dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi bersama Menperin membuka IIMS 2018 (dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo akan meresmikan pencapaian ekspor kendaraan secara utuh (completely built-up/CBU) milik Toyota yang mencapai 1 juta unit dari berbagai varian di IPC Car Terminal Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Managing Officer Toyota Motor Corporation dan President of Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) Susumu Matsuda.

Selain itu, nampak hadir juga Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, dan jajaran manajemen Toyota Indonesia lainnya.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk bisa memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan industri otomotif Indonesia melalui ekspor. Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa di ekspor otomotif. Kami harap performa ekspor ke negara-negara tujuan yang sudah ada dapat ditingkatkan dan diperluas ke negara-negara tujuan baru," ujar Warih dalam keterangan resminya, Rabu (5/9/2018).

Toyota mulai mengekspor Kijang Super sebanyak 50 unit per bulan ke Brunei Darussalam pada 1987 dan terus meningkat hingga mencapai 7 ribu unit per tahun.

Pada 2013, Kijang Innova, Fortuner, Rush, Lite Ace/Town Ace diekspor ke lebih dari 70 negara Asia Pasifik, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah dan volumenya terus meningkat hingga lebih dari 100 ribu unit per tahun.

Tahun lalu, total volume ekspor CBU Toyota mencapai 199 ribu unit.

Sepanjang Januari-Juli tahun ini, TMMIN mengekspor 117.200 unit, naik 1,3% dari periode yang sama tahun lalu. Kontribusi terbesar disumbang varian SUV Fortuner sebanyak 30.900 unit, diikuti Avanza 21.900 unit, Agya 17 ribu unit, Vios 15.800 unit, dan Rush 12.700 unit.

"Performa ekspor Toyota sempat tertekan di semester I karena regulasi di negara tujuan ekspor, namun kini berangsur membaik. Pada umumnya, tren ekspor di semester II lebih baik sehingga kami optimis bisa mencapai pertumbuhan ekspor 10% di tahun ini," ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.