Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri, Indo Tambangraya Megah Akan Transfer Kuota Batubara

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 September 2018 - 13:09 WIB

Tambang Batubara (ist)
Tambang Batubara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) tengah melakukan diskusi dengan mitra terkait rencana pemenuhan kebutuhan dalam negeri (DMO) batubara.

"Adapun mekanisme yang sedang dinegosiasikan adalah kemungkinan tansfer kuota batubara," ujar manajemen dikutip dari keterbukaan informasi BEI pada Selasa (4/9/2018).

Perusahaan mengestimasikan pada kuartal IV 2018 atau paling lambat kuartal I 2019 akan dilakukan evaluasi terhadap pemenuhan kewajiban DMO, bersamaan dengan telah difinalisasikan rencana tersebut. 

Kewajiban DMO yang telah dijalankan oleh perseroan sampai dengan semester pertama tahun ini sekitar 11%. Saat ini, masih terdapat kekurangan sekitar 14% dari kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menyoal permintaan dari China, perseroan masih optimiistis dengan potensi permintaan tersebut karena jumlah permintaannya sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan internal, China hanya mengimpor 5% dari total batubara yang dikonsumsi.

"Jadi, kami masih melihat adanya potensi permintaan dari China terlepas adanya informasi mengenai penurunan untuk konsumsi batubara tersebut," tuturnya.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi China, secara persentase penggunaan batubara pada pembangkit listrik di China akan menurun, tetapi secara absolute amount bakal naik.

Hingga akhir tahun ini, perseroan optimistis dapat menjual 100% batubara. Keoptimisan tersebut didukung dengan pasar baru ke Vietnam di mana penjualan pertama sebanyak 700.000 ton yang sudah dibukukan pada kinerja kuartal II 2018.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…