Menperin Dorong Komponen Lokal Industri Otomotif

Oleh : Ridwan | Jumat, 10 Februari 2017 - 09:05 WIB

IKM Komponen Otomotif (Ist)
IKM Komponen Otomotif (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri petrokimia dalam negeri melakukan terobosan baru dengan memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan komponen industri otomotif.

Dalam hal ini, PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) bekerjasama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) yang memasok reain polypropylene impact copolymer untuk diaplikasikan pada mobil Toyota Vios dan Yaris.

"Hal ini sejalan dengan langkah Kementerian Perindustrian untuk memperdalam struktur industri nasional agar rantai nilai dari sektor hulu sampai hilir semakin kuat sehingga dapat mengurangi ketergantungan bahan baku impor" ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peluncuran Produk Material Lokal Polypropylene Impact Copolymer untuk Mendukung Industri Otomotif Nasional di Bekasi, Jawa Barat (9/1/2017).

Kerjasama antara TMMIN dengan CAP ini akan mendorong pertumbuhanindustri komponen kendaraan di dalam negeri.Secara nasional, saat ini terdapat sekitar 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia.

Airlangga menjelaskan,Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) industri otomotif nasional yang berbasis bahan baku lokal sekitar 60 persen. Namun untuk jenis kendaraan Low Cost and Green Car (LCDC) telah mencapai 90 persen.

Menperin memberikan apresiasi kepada kedua perusahaan atas komitmennya untuk meningkatkan penggunaan kandungan dalam negeri, menjadikan Indonesia sebagai basis produksi serta memberdayakan mitra lokal dalam kegiatan produksinya sehingga akan menopang pertumbuhan industri nasional.

Pemerintah saat ini sudah memberikan dorongan dengan membuat kebijakan dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. Kerja sama ini menjadi momentum penting untuk memaksimalkan kinerja industri di sektor otomotif guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saat ini kami berusaha meningkatkan komponen lokal berbasis plastik dan baja untuk diterapkan di bodi dari kendaraan. Target kami 30% komponen berbasis lokal di 2018" tambah Menperin.

Industri otomotif merupakan salah satu sektor prioritas dalam kebijakan industri nasional yang ditargetkanproduksinya akan mencapai 2,5 juta unit pada tahun 2020.

Tentunya dalam pengembangan dan pencapaian sasaran tersebut, membutuhkan koordinasi serta pemahaman visi dan misi antara pemerintah dengan pelaku usaha otomotif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…