Menperin Dorong Komponen Lokal Industri Otomotif

Oleh : Ridwan | Jumat, 10 Februari 2017 - 09:05 WIB

IKM Komponen Otomotif (Ist)
IKM Komponen Otomotif (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri petrokimia dalam negeri melakukan terobosan baru dengan memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan komponen industri otomotif.

Dalam hal ini, PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) bekerjasama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) yang memasok reain polypropylene impact copolymer untuk diaplikasikan pada mobil Toyota Vios dan Yaris.

"Hal ini sejalan dengan langkah Kementerian Perindustrian untuk memperdalam struktur industri nasional agar rantai nilai dari sektor hulu sampai hilir semakin kuat sehingga dapat mengurangi ketergantungan bahan baku impor" ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peluncuran Produk Material Lokal Polypropylene Impact Copolymer untuk Mendukung Industri Otomotif Nasional di Bekasi, Jawa Barat (9/1/2017).

Kerjasama antara TMMIN dengan CAP ini akan mendorong pertumbuhanindustri komponen kendaraan di dalam negeri.Secara nasional, saat ini terdapat sekitar 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia.

Airlangga menjelaskan,Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) industri otomotif nasional yang berbasis bahan baku lokal sekitar 60 persen. Namun untuk jenis kendaraan Low Cost and Green Car (LCDC) telah mencapai 90 persen.

Menperin memberikan apresiasi kepada kedua perusahaan atas komitmennya untuk meningkatkan penggunaan kandungan dalam negeri, menjadikan Indonesia sebagai basis produksi serta memberdayakan mitra lokal dalam kegiatan produksinya sehingga akan menopang pertumbuhan industri nasional.

Pemerintah saat ini sudah memberikan dorongan dengan membuat kebijakan dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. Kerja sama ini menjadi momentum penting untuk memaksimalkan kinerja industri di sektor otomotif guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saat ini kami berusaha meningkatkan komponen lokal berbasis plastik dan baja untuk diterapkan di bodi dari kendaraan. Target kami 30% komponen berbasis lokal di 2018" tambah Menperin.

Industri otomotif merupakan salah satu sektor prioritas dalam kebijakan industri nasional yang ditargetkanproduksinya akan mencapai 2,5 juta unit pada tahun 2020.

Tentunya dalam pengembangan dan pencapaian sasaran tersebut, membutuhkan koordinasi serta pemahaman visi dan misi antara pemerintah dengan pelaku usaha otomotif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

Sabtu, 23 September 2017 - 16:00 WIB

Kunjungan Wisatawan Inggris dan Jepang ke Bali Naik

Wisatawan Inggris dan Jepang yang berliburan sambil menikmati panorama alam serta keunikan seni budaya Bali meningkat masing-masing sebesar 14,01 persen dan 7,02 persen

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Sabtu, 23 September 2017 - 15:57 WIB

Kapolri: Usut Tuntas Kasus Peredaran Pil PCC

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan agar kasus peredaran pil "paracetamol caffeine carisoprodol" yang telah menimbulkan korban jiwa diusut hingga…

Hombo Batu atau Lompat Batu di Nias, Sumatera Utara (Foto: travelingyuk)

Sabtu, 23 September 2017 - 15:30 WIB

Kenalkan Kebudayaan dan Kesenian, Nias Bakal Gelar Pesta Ya'ahowu 2017

Terletak di Sumatera Utara, Nias memiliki berbagai ragam budaya dan kekayaan alam yang harus diekspos oleh para wisatawan. Oleh karena itu, untuk menarik jumlah kunjungan ke Nias, maka pada…

Gubernur Banten Wahidin Halim Saat Pembukaan FPTL 2017 di Tanjung Lesung. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

Sabtu, 23 September 2017 - 15:16 WIB

Gubernur Banten Dukung KPK OTT Wali Kota Cilegon

Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) yang melakukan OTT terhadap Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi. KPK mengamankan 10 orang termasuk Wali Kota…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 23 September 2017 - 15:01 WIB

Lima Bandara Disiapkan Bila Gunung Agung Bali Meningkat Aktivitasnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menyiapkan lima bandar udara untuk mengantisipasi adanya gangguan penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali akibat aktivitas…