Bambang Soesatyo Inginkan DPR Lebih Terbuka dan Humanis Lewat Kesenian

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 31 Agustus 2018 - 10:04 WIB

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI
Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap wajah DPR saat ini lebih humanis dan lebih dekat dengan rakyat. Itu mengapa dalam ulangtahunnya yang ke 73 DPR menggelar berbagai kegiatan yang bisa membuat DPR bisa introspeksi. Kegiatan tersebut antara lain adalah pameran lukisan, lomba Essay, Lomba Meme, dan Lomba Stand Up Comedy.

“Sengaja kita buat acara seperti ini, agar kami sebagai wakil raakyat bisa lebih sensitif mengetahu apa yang ada di hati rakyat. Memang tidak semua keinginan rakyat bisa kita penuhi saat ini, tapi paling tidak dengan mendengarkan, dan merenungi kita bisa merasakan,” kata Bamsoet, nama panggian akrabnya.

Lewat tiga cabang kesenian yang dilombakan yakni lomab Essay, lomba meme dan Lomba Stand Up Comedy, Bambang mengatakan banyak sekali kritikan pedas yang dialamatkan ke lembaga yang dipimpinnya. “Tapi saya sebagai Ketua DPR siap untuk menerima kritik yang paling pahit sekali pun asal disampaikan dengan cara yang baik. Ada yang menyampaikan lewat tulisan, ada yang lewat meme dan ada yang lewat stand up comedy. Kami semua menerimanya dengan lapang dada. Semoga di sisa waktu jabatan yang tinggal setahun lagi, bisa diperbaiki,” tambahnya di sela –sela acara final Lomab Stand Up Comedy Kritik DPR.

Lewat Meme , banyak sekali  karya yang menggambarkan perilaku anggota DPR yang banyak terlibat korupsi. Bahkan pemenang pertama meme mengangkat tema ini jadi sajian utama.

Di panggung stand up comedy, para anggota DPR benar benar dikritik habis oleh 10 orang finalis yang dijaring dari 70 orang peserta di babak penyisihan dipekan sebelumnya. Rata=rata menyampaikan kritik tentang kelakuan anggota DPR yang sering tidur atau absen saat sidang.

Pemenang pertama Lomba Stand Up Comedy adalah Aji yang berusia 17 tahun dan baru lulus STM. Ia memperoleh hadiah sebesar 25 juta rupiah, Dia juga berhak meraih satu unit sepeda motor karena menjadi best of the best dari tiga lomba yaki essay, meme, dan stand up comedy.

Saat babak final lomba stand up comedy yang di juri oleh Iwaal sastra, Cak Lontong, dan Effendy Gazali, nampak sejumlah anggota DPR ikut menyaksikan. Diantaranya Fadli Zon, Fahri Hamzah, masinton Pasaribu,  dan lain-lain. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kamis, 20 September 2018 - 10:38 WIB

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kementerian PUPR dengan Korea Water Resources Corporation (K-Water) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama di bidang pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Kamis, 20 September 2018 - 10:35 WIB

878 Formasi untuk Lulusan SLTA, Kemenkumham Buka Rekrutmen 2.000 CPNS

Sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 42 Tahun 2018 tanggal 2018, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka rekrutmen…

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)

Kamis, 20 September 2018 - 10:30 WIB

Masyarakat Harus Manfaatkan Teknologi Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.

Pemeliharaan Sistem Irigasi

Kamis, 20 September 2018 - 10:04 WIB

Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Sistem Irigasi Berperan Penting Wujudkan Ketahanan Pangan

Dalam upaya meningkatkan suplai air irigasi yang kontinu, pada periode 2015-2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan…

Department Head of Partnership and Smallholder PT Astra Agro Lestari Tbk, Tidar Bagaskara,

Kamis, 20 September 2018 - 10:00 WIB

Kemitraan Tingkatkan Produktivitas Petani Sawit

Produktivitas perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh petani swadaya masih tergolong rendah. Yakni berkisar 16-18 ton tandan buah segar (TBS) per hektar per tahun. Jika dirata-rata, TBS tersebut…