Presiden Jokowi Minta Kebiasaan Saling Hujat Segera Diakhiri

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Agustus 2018 - 09:30 WIB

Presiden Jokowi Foto: Humas/Agung)
Presiden Jokowi Foto: Humas/Agung)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Presiden Joko Widodo meminta kebiasaan saling menghujat, khususnya di media sosial diakhiri dan segera dialihkan untuk hal-hal yang produktif guna bersaing dengan negara lain.

 "Kalau kita masih suka menjatuhkan di media sosial (medsos), masih berkutat saling mencela, mencemooh, mengeluarkan fitnah, hoaks setiap hari maka energi kita akan habis," kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat pembukaan Mahasabha atau Kongres Nasional ke XI Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia di Yogyakarta, Rabu (29/8/2018)

 Bangsa Indonesia, kata Presiden, sulit bersaing dengan negara lain jika tidak segera berpaling dari kebiasaan saling mencela serta selalu pesimistis memandang masa depan.

"Energi kita habis menyelesaikan hal-hal yang sebetulnya sudah kita tinggalkan. Sekarang kita menuju masa-masa optimisme, energi kita harus habiskan untuk membangun persaingan, daya saing, serta membangun produktivitas," kata dia.

Jokowi mengatakan sesuai prediksi Bank Dunia, IMF, dan Bappenas, pada 2045 Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terkuat keempat di dunia dengan pendapatan per kapita kurang lebih 29.000 dolar AS jika pertumbuhan ekonomi nasional terus stabil seperti saat ini.

Namun demikian, masa Indonesia emas pada 2045 itu tidak akan mungkin tercapai apabila generasi muda saat ini lebih senang menghujat dan hidup bermalas-malasan.

"Tidak mungkin tercapai kalau kita malas-malasan, kalau kita senangnya instan, kalau kita tidak bekerja keras. Semua anak muda harus produktif, dan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Kuncinya di situ," kata dia.

Di hadapan ratusan mahasiswa peserta Kongres Nasional ke XI Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, Presiden sepertidi lasnir Antara juga mengingatkan seluruh mahasiswa agar cekatan mengantisipasi perubahan dunia yang terjadi sangat cepat mulai dari ekonomi, sosial, dan budaya.

Presiden mengatakan menyongsong revolusi industri 4.0 berbagai perubahan akan terjadi 3.000 kali lebih cepat dibandingkan revolusi yang pertama.  "Dunia ini sekarang sudah berubah, perubahannya sangat cepat, yang bisa mengantisipasi secara cepat tiada lain adalah mahasiswa, anak muda Indonesia," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…