Pameran Koleksi Benda Seni Istana, Indonesia Semangat Dunia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Agustus 2018 - 09:00 WIB

Pameran Koleksi Benda Seni Istana, Indonesia Semangat Dunia (Foto Industry.co..id)
Pameran Koleksi Benda Seni Istana, Indonesia Semangat Dunia (Foto Industry.co..id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pameran Koleksi Benda Seni Istana Kepresidenan 2018 bertajuk “Indonesia Semangat Dunia” merupakan wujud nyata apresiasi atas karya seni dan budaya, yang tidak hanya dilihat dari sisi keindahannya namun juga diharapkan menjadi sumber inspirasi, kreatifitas untuk mengembangkan imajinasi serta guna memacu semangat khususnya generasi muda “jaman now” dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

Pameran tahun 2018 ini merupakan kegiatan dari rangkaian Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang penyelenggaraannya untuk tahun ini bersamaan dengan penyelenggaraan Asian Games ke-18, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

Pameran kali ini merupakan pameran ketiga sejak tahun 2016 yang disponsori oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata serta Badan Ekonomi Kreatif sukses menggelar event yang sama dengan menyuguhkan karya seni berupa lukisan koleksi Istana Kepresidenan karya pelukis-pelukis ternama.

Aspek-aspek usaha keras, kerja sama yang baik, serta persaingan yang sehat dan sportivitas, merupakan pokok utama dalam perhelatan olahraga yang menginspirasi tema “semangat” untuk pameran kali ini. Beberapa karya seni koleksi Istana Kepresidenan selaras dengan tema “semangat” yang ingin dibangun. Jika Asian Games ke-18 merupakan perhelatan olahraga, Pameran Seni Rupa Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia menjadi perhelatan olah rasa yang diharapkan dapat memperkaya pengalaman masyarakat Indonesia maupun tamu yang hadir di Jakarta sepanjang Agustus 2018 ini.

Selayaknya kegiatan olahraga, bidang seni/kesenian juga memiliki daya tarik universal bagi beragam ras, agama, bahasa dan etnisitas. Dua moment penting yaitu olahraga dan olahrasa, diharapkan dapat menjadi media efektif untuk menumbuhkan pemahaman antar manusia, antar bangsa dan bahkan seringkali dihadirkan sebagai pendekatan diplomasi antar negara.

Selain menyuguhkan dimensi lain dari sebuah koleksi negara yang tidak hanya menampilkan konsep nasionalisme serta identitas bangsa, pameran kali ini juga menampilkan sisi-sisi internasionalisasi dan diplomasi dari koleksi karya seni rupa Istana Kepresidenan.

Dalam pameran tahun 2018 ini akan disuguhkan sebanyak 45 karya lukisan, patung dan seni kriya, hasil karya dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara, yang merupakan koleksi dari 5 Istana, yakni Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Bogor, Istana Tampaksiring, Istana Yogyakara dan Istana Kepresidenan Cipanas. Para seniman tersebut diantaranya dari Indonesia - Raden Saleh, Dullah, Henk Ngantung, Nasjah Jamin, Basoeki Abdullah serta Harijadi S. Sementara dari mancanegara antara lain Zsigmond Kisfludi Strobl, Walter Spies, Fernamdo Amorsolo dan Yevgeny Viktorovich Vuchetich.

Penyelenggaraan pameran ini bertujuan antara lain, pertama, mengajak masyarakat untuk menikmati karya para seniman masa lalu yang mempunyai nilai-nilai luhur, keutamaan serta semangat perjuangan. Kedua, menunjukkan eksistensi karya unggulan seniman Indonesia kepada komunitas internasional dan ketiga, pameran ini merupakan wujud komitmen Kementerian Sekretariat Negara dalam merawat dan melestarikan karya seni unggulan masa lalu yang merupakan aset negara.  Sponsor Bank Mandiri pada pameran ini adalah sebagai salah satu bentuk nyata dukungan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar pada kegiatan yang mempromosikan seni dan budaya milik Indonesia yang bernilai tinggi kepada masyarakat umum serta internasional sekaligus menjaga dan melestarikan karya-karya tersebut. Dukungan Bank Mandiri bukan hanya dalam hal penyelenggaraan kegiatan namun juga untuk penerbitan booklet pameran, pembersihan karya lukisan serta publikasi dan promosi kegiatan, yang juga bekerjasama dengan instansi dan lembaga-lembaga pendukung lainnya.

Pameran dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Jumat pagi, 3 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No, 14 Jakarta Pusat, dan pameran ini akan berlangsung hingga 31 Agustus 2018 dengan waktu buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Jika pada pameran sebelumnya dapat dihadirkan sebanyak kurang lebih 35.000 pengunjung, maka untuk tahun 2018 ini ditargetkan sebanyak 40.000 pengunjung. Untuk melayani pengunjung telah disiapkan sejumlah pemandu, sebagian besar dari Sastra Inggris Universitas Indonesia serta Seni Rupa Institut Teknologi Bandung.

Untuk memeriahkan pameran, sejumlah kegiatan pendukung telah disiapkan untuk digelar selama pameran berlangsung yaitu diantaranya Lomba Lukis Kolektif Pelajar dari 34 Provinsi, kegiatan workshop Menjadi Apresiator Seni Terhebat yang akan diikuti oleh para pelajar wilayah DKI, serta penampilan music chamber dari Perguruan Tinggi Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…