Pameran Koleksi Benda Seni Istana, Indonesia Semangat Dunia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Agustus 2018 - 09:00 WIB

Pameran Koleksi Benda Seni Istana, Indonesia Semangat Dunia (Foto Industry.co..id)
Pameran Koleksi Benda Seni Istana, Indonesia Semangat Dunia (Foto Industry.co..id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pameran Koleksi Benda Seni Istana Kepresidenan 2018 bertajuk “Indonesia Semangat Dunia” merupakan wujud nyata apresiasi atas karya seni dan budaya, yang tidak hanya dilihat dari sisi keindahannya namun juga diharapkan menjadi sumber inspirasi, kreatifitas untuk mengembangkan imajinasi serta guna memacu semangat khususnya generasi muda “jaman now” dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

Pameran tahun 2018 ini merupakan kegiatan dari rangkaian Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang penyelenggaraannya untuk tahun ini bersamaan dengan penyelenggaraan Asian Games ke-18, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

Pameran kali ini merupakan pameran ketiga sejak tahun 2016 yang disponsori oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata serta Badan Ekonomi Kreatif sukses menggelar event yang sama dengan menyuguhkan karya seni berupa lukisan koleksi Istana Kepresidenan karya pelukis-pelukis ternama.

Aspek-aspek usaha keras, kerja sama yang baik, serta persaingan yang sehat dan sportivitas, merupakan pokok utama dalam perhelatan olahraga yang menginspirasi tema “semangat” untuk pameran kali ini. Beberapa karya seni koleksi Istana Kepresidenan selaras dengan tema “semangat” yang ingin dibangun. Jika Asian Games ke-18 merupakan perhelatan olahraga, Pameran Seni Rupa Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia menjadi perhelatan olah rasa yang diharapkan dapat memperkaya pengalaman masyarakat Indonesia maupun tamu yang hadir di Jakarta sepanjang Agustus 2018 ini.

Selayaknya kegiatan olahraga, bidang seni/kesenian juga memiliki daya tarik universal bagi beragam ras, agama, bahasa dan etnisitas. Dua moment penting yaitu olahraga dan olahrasa, diharapkan dapat menjadi media efektif untuk menumbuhkan pemahaman antar manusia, antar bangsa dan bahkan seringkali dihadirkan sebagai pendekatan diplomasi antar negara.

Selain menyuguhkan dimensi lain dari sebuah koleksi negara yang tidak hanya menampilkan konsep nasionalisme serta identitas bangsa, pameran kali ini juga menampilkan sisi-sisi internasionalisasi dan diplomasi dari koleksi karya seni rupa Istana Kepresidenan.

Dalam pameran tahun 2018 ini akan disuguhkan sebanyak 45 karya lukisan, patung dan seni kriya, hasil karya dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara, yang merupakan koleksi dari 5 Istana, yakni Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Bogor, Istana Tampaksiring, Istana Yogyakara dan Istana Kepresidenan Cipanas. Para seniman tersebut diantaranya dari Indonesia - Raden Saleh, Dullah, Henk Ngantung, Nasjah Jamin, Basoeki Abdullah serta Harijadi S. Sementara dari mancanegara antara lain Zsigmond Kisfludi Strobl, Walter Spies, Fernamdo Amorsolo dan Yevgeny Viktorovich Vuchetich.

Penyelenggaraan pameran ini bertujuan antara lain, pertama, mengajak masyarakat untuk menikmati karya para seniman masa lalu yang mempunyai nilai-nilai luhur, keutamaan serta semangat perjuangan. Kedua, menunjukkan eksistensi karya unggulan seniman Indonesia kepada komunitas internasional dan ketiga, pameran ini merupakan wujud komitmen Kementerian Sekretariat Negara dalam merawat dan melestarikan karya seni unggulan masa lalu yang merupakan aset negara.  Sponsor Bank Mandiri pada pameran ini adalah sebagai salah satu bentuk nyata dukungan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar pada kegiatan yang mempromosikan seni dan budaya milik Indonesia yang bernilai tinggi kepada masyarakat umum serta internasional sekaligus menjaga dan melestarikan karya-karya tersebut. Dukungan Bank Mandiri bukan hanya dalam hal penyelenggaraan kegiatan namun juga untuk penerbitan booklet pameran, pembersihan karya lukisan serta publikasi dan promosi kegiatan, yang juga bekerjasama dengan instansi dan lembaga-lembaga pendukung lainnya.

Pameran dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Jumat pagi, 3 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No, 14 Jakarta Pusat, dan pameran ini akan berlangsung hingga 31 Agustus 2018 dengan waktu buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Jika pada pameran sebelumnya dapat dihadirkan sebanyak kurang lebih 35.000 pengunjung, maka untuk tahun 2018 ini ditargetkan sebanyak 40.000 pengunjung. Untuk melayani pengunjung telah disiapkan sejumlah pemandu, sebagian besar dari Sastra Inggris Universitas Indonesia serta Seni Rupa Institut Teknologi Bandung.

Untuk memeriahkan pameran, sejumlah kegiatan pendukung telah disiapkan untuk digelar selama pameran berlangsung yaitu diantaranya Lomba Lukis Kolektif Pelajar dari 34 Provinsi, kegiatan workshop Menjadi Apresiator Seni Terhebat yang akan diikuti oleh para pelajar wilayah DKI, serta penampilan music chamber dari Perguruan Tinggi Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.