Festival Indonesiana 2019 Diikuti 44 Kandidat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Agustus 2018 - 14:42 WIB

Gamelan (Foto Dok Industry.co.id)
Gamelan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Koordinator Sekretariat Indonesiana Ahmad Mahendra mengatakan platform kebudayaan Indonesiana di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini telah menerima 44 kandidat yang akan diseleksi untuk penyelenggaraan festival budaya dalam kerangka Indonesiana pada 2019.

"Di tahun ini sudah ada masuk 44 kandidat untuk kemudian diseleksi berapa yang layak," kata Mahendra yang juga Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (28/8/2018)

 Dia mengatakan platform kebudayaan Indonesiana merupakan bagian dari upaya memajukan kebudayaan di daerah-daerah.

Mahendra kepada Antara mengatakan proposal festival untuk lolos seleksi harus memenuhi berbagai syarat antara lain mencerminkan kegotongroyongan, ketersediaan anggaran, kesediaan membentuk kurator bersama dan ada penguatan lokal.

Mahendra mengatakan pihak Indonesiana akan memberikan pendampingan kepada kandidat yang terpilih selama tiga tahun untuk belajar mandiri dan profesional mengadakan suatu festival budaya.

 "Platform Indonesiana juga berfungsi untuk mendorong mereka menjadi percaya diri terhadap kelokalannya," tuturnya.

Menurut dia, pelibatan masyarakat dalam penyelenggaran festival menunjukkan keinginan masyarakat untuk memajukan kebudayaan lewat tradisinya serta menumbuhkan kecintaan dan pelestarian terhadap budaya setempat.

"Memang perlu didorong teman-teman di daerah ini agar mereka percaya diri, supaya mereka bisa (menyelenggarakan festival budaya)," ujarnya. Platform kebudayaan Indonesiana menyelenggarakan empat festival dari total 13 festival pada 2018.

Empat festival itu adalah Festival Foho Rai di Belu,Nusa Tenggara Timur (NTT), festival Gamelan internasional di Jawa Tengah dan rangkaian festival dalam Gaung Sintuvu di Sulawesi Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 13:10 WIB

Bank Bukopin Bidik 300 Ribu Kartu Debit Migrasi ke Chip

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Bank Bukopin mempercepat perpindahan kartu debit dalam bentuk chip untuk keamanan data saat transaksi di manapun. Target yang dibidik sebanyak…

Ilustrasi Taksi Online (Ist)

Kamis, 20 September 2018 - 13:04 WIB

Dua Kali Ditolak MA, Kemenhub Atur Strategi Baru Rancang Aturan Taksi Online

Mahkamah Agung (MA) sudah terhitung dua kali mementahkan aturan transportasi yang dibuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait taksi online atau daring.

POPCON AWARD Film Indonesia Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 13:00 WIB

POPCON Asia 2018 Untuk Pertama Kalinya Gelar POPCON AWARD Film Indonesia

2018 merupakan tahun yang spesial bagi industri perfilman Tanah Air. Dalam waktu tiga tahun terakhir, jumlah penonton Film Indonesia semakin meningkat. Total penonton Film Indonesia di tahun…

Restu Pratiwi Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 12:00 WIB

Yayasan Danamon Peduli Turut Promosikan Festival Pasar Rakyat di Banjarmasin

Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) kembali menggelar Festival Pasar Rakyat Banjarmasin 2018 (FPR) yang bertajuk Bakunjang ka Pasar atau yang artinya ajakan untuk berkunjung ke pasar tradisional/rakyat.…

Bank BJB

Kamis, 20 September 2018 - 11:28 WIB

Prospek Peringkat Bank BJB Stabil

INDUSTRY.co.id

Pefindo Sematkan Peringkat idAA-Bank Jabar Banten (BJBR) dan obligasi berkelanjutan I/2017. Pefindo juga menegaskan peringkat idA untuk obligasi…