Festival Indonesiana 2019 Diikuti 44 Kandidat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Agustus 2018 - 14:42 WIB

Gamelan (Foto Dok Industry.co.id)
Gamelan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Koordinator Sekretariat Indonesiana Ahmad Mahendra mengatakan platform kebudayaan Indonesiana di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini telah menerima 44 kandidat yang akan diseleksi untuk penyelenggaraan festival budaya dalam kerangka Indonesiana pada 2019.

"Di tahun ini sudah ada masuk 44 kandidat untuk kemudian diseleksi berapa yang layak," kata Mahendra yang juga Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (28/8/2018)

 Dia mengatakan platform kebudayaan Indonesiana merupakan bagian dari upaya memajukan kebudayaan di daerah-daerah.

Mahendra kepada Antara mengatakan proposal festival untuk lolos seleksi harus memenuhi berbagai syarat antara lain mencerminkan kegotongroyongan, ketersediaan anggaran, kesediaan membentuk kurator bersama dan ada penguatan lokal.

Mahendra mengatakan pihak Indonesiana akan memberikan pendampingan kepada kandidat yang terpilih selama tiga tahun untuk belajar mandiri dan profesional mengadakan suatu festival budaya.

 "Platform Indonesiana juga berfungsi untuk mendorong mereka menjadi percaya diri terhadap kelokalannya," tuturnya.

Menurut dia, pelibatan masyarakat dalam penyelenggaran festival menunjukkan keinginan masyarakat untuk memajukan kebudayaan lewat tradisinya serta menumbuhkan kecintaan dan pelestarian terhadap budaya setempat.

"Memang perlu didorong teman-teman di daerah ini agar mereka percaya diri, supaya mereka bisa (menyelenggarakan festival budaya)," ujarnya. Platform kebudayaan Indonesiana menyelenggarakan empat festival dari total 13 festival pada 2018.

Empat festival itu adalah Festival Foho Rai di Belu,Nusa Tenggara Timur (NTT), festival Gamelan internasional di Jawa Tengah dan rangkaian festival dalam Gaung Sintuvu di Sulawesi Tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.