KPK Geledah Rumah Ketua DPRD-Wagub Tulungagung

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Agustus 2018 - 06:38 WIB

Penyidik KPK (Foto IST)
Penyidik KPK (Foto IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah Ketua DPRD Tulungagung Supriyono dan petahana Wakil Bupati Tulungagung terpilih Maryoto Bhirowo, Selasa (28/8/2018)

Tak hanya dua pejabat penting itu, tim penyidik komisi rasuah juga mendatangi rumah sejumlah pejabat Pemkab Tulungagung dan beberapa pelaku jasa konstruksi.

Serangkaian penggeledahan itu diduga terkait dengan penanganan korupsi proyek peningkatan infrastruktur melibatkan petahana Bupati Tulungagung terpilih Syahri Mulyo dan Kepala Dinas PUPR Sutrisno yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Iya tadi tim KPK masuk ke ruang pribadi (kamar) Pak Supri (Ketua DPRD Supriyono)," kata seorang perangkat Desa Mojoagung, Sunar kepada Antara.

Ia tahu apa saja yang dilakukan tim KPK karena menjadi saksi saat penyidik menggeledah kamar Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDIP Tulungagung tersebut.

Namun Sunar mengaku tim KPK tak mendapat apapun dalam penggeledahan.

Meski wartawan sempat menyaksikan penyidik KPK memasukkan beberapa barang dan berkas ke dalam satu koper besar, Sunar mengatakan tak melihat ada berkas ataupun barang bukti diambil.

"Tadi yang saya ketahui dua ruangan yang diperiksa namun ruangan apa saya tidak tahu dan tidak ada barang yang dibawa, berkas-berkas juga tidak. Kalau koper tadi adalah bawaan KPK sendiri," katanya.

Wartawan masih ingin terus bertanya kepada Sunar yang bergegas menuju sepeda motornya. Namun seseorang dari dalam rumah Supriyono tiba-tiba berteriak dari jauh dan memintanya agar segera pulang.

"Pak Sunar, sudah langsung pulang saja," teriak pria yang disebut sebagai anggota keluarga Supriyono itu berulang.

Supriyono tidak tampak saat tim KPK datang.

Politisi PDIP itu kebetulan masih di Mekah untuk menunaikan ibadah haji bersama rombongan haji asal Tulungagung.

Selain menggeledah rumah Supriyono, pada jam yang sama mulai pukul 09.30 WIB tim KPK yang lain menggeledah rumah petahana Wabup Tulungagung terpilih Maryoto Bhirowo di Desa Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, Tulungagung.

Di rumah yang memiliki lantai dua itu, penyidik antirasuah juga menggeledah beberapa ruangan. Namun dalam penggeledahan yang dimulai pukul 11.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB, penyidik tidak membawa berkas maupun barang dari rumah itu.

"Tadi mulai pukul 11.30 WIB dan tidak ada barang yang dibawa, tadi juga sudah ada berita acaranya," kata Afiat salah satu pengawal pribadi Maryoto.

Dalam penggeledahan rumah wakil bupati terpilih itu tidak disaksikan langsung oleh Maryoto Bhirowo maupun Istrinya.

Informasi yang diterima, mereka berdua sedang berada di Malang.

Kemudian satu tim juga melakukan penyisiran terhadap sejumlah aset tanah dan rumah milik Bupati Tulungagung terpilih Syahri Mulyo yang diduga didapat saat menjabat sebagai Bupati Tulungagung periode 2013-2018.

Selesai di rumah Supriyono dan Maryoto Bhirowo, tim KPK melanjutkan operasi penggeledahan di rumah Sekda Tulungagung Indra Fauzi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung Suharno dan dua pengusaha jasa konstruksi Wawan serta Santoso.

Tim KPK disinyalir masih beberapa hari di Tulungagung dengan agenda memeriksa saksi-saksi lama dan baru guna menambah bukti guna menyempurnakan BAP korupsi tersangka Syahri Mulyo, Sutrisno, Agung dan pengusaha Susilo Prabowo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…