Harga Tembakau Bojonegoro Capai Rp22.000/Kilogram

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:35 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan harga tembakau Virginia Voor Oogst (VO) rajangan tertinggi mencapai Rp22.000/kilogram, dengan pembeli pedagang lokal karena gudang belum melakukan pembelian.

"Harga tembakau Rp22.000 per kilogram itu untuk tembakau rajangan petikan ketiga dan keempat," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Senin (27/8/2018)

Menurut dia, panen tanaman tembakau di daerahnya sudah berlangsung sejak pertengahan Agustus lalu, antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Kedungadem, dan Sugihwaras.

Hanya saja, lanjut dia, luas tanaman tembakau yang sudah panen belum terlalu luas karena sejumlah sentra tembakau di daerahnya, antara lain, di Kecamatan Kepohbaru, Baureno, dan Sumberrejo, baru akan mulai panen.

"Pembeli tembakau masih pedagang lokal. Gudang paikan kemungkinan mulai melakukan pembelian tembakau awal September," ujar dia.

Sesuai data yang diterima menyebutkan harga tembakau daun basah petikan kesatu berkisar Rp1.000-Rp1.200/kilogram, petikan kedua berkisar Rp1.500-Rp2.000/kilogram dan petikan ketiga berkisar Rp2.700-Rp3.000/kilogram.

"Tembakau petikan keempat lebih mahal lagi, tapi banyak yang kemudian dirajang," ucapnya.

Ia optimistis kualitas tembakau Virginia VO, Jawa, juga Virginia RAM pada musim tanam tahun ini cukup bagus, sebab didukung cuaca yang langka turun hujan.

"Langka hujan lebih menguntungkan tanaman tembakau, dibandingkan lebih banyak hujan. Meskipun ada tanaman tembakau yang tidak berkembang akibat kekurangan air," kata dia menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa PT Sadhana Arifnusa Padangan, di Kecamatan Padangan, yang bermitra dengan petani menanam tembakau Virginia Rajangan Amil (RAM) dengan luas 965,50 hektare sudah mulai melakukan pembelian tembakau sejak 24 Agustus.

"Tapi harga pembeliannya kami belum menerima laporan," ujarnya.

Tanaman tembakau Virginia RAM tertanam antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Malo, juga kecamatan lainnya. Selain itu, di daerahnya luas tanaman tembakau Virginia VO tertanam seluas 4.890 hektare dan Jawa 2.768 hektare.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya itu PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Sinar Mas Grroup Saleh Husin (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 September 2018 - 06:00 WIB

Sinar Mas Donasikan 16.000 Buku Tulis Bagi Korban Gempa NTB

Merespon imbauan pemerintah agar aktivitas pendidikan tetap berlangsung pasca terjadinya bencana gempa bumi Nusa Tenggara Barat awal Agustus lalu, sebanyak 16.000 buku tulis didonasikan bagi…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 19 September 2018 - 05:00 WIB

Percepatan dan Kredibilitas ISPO, Solusi Jitu Melawan Issue Negatif

Komoditas kelapa sawit terus menjadi sasaran dalam perang dagang dengan negara-negara pasar, khususnya Uni Eropa dengan tuduhan merusak lingkungan, memicu emisi gas rumah kaca, deforestasi,…

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring (Foto: Dok. Kominfo)

Selasa, 18 September 2018 - 22:04 WIB

Kemenkominfo Imbau Anak Muda Bijak Bermedsos dan Jaga Persatuan Bangsa

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau anak muda bijakmemanfaatkan media sosial dan menjaga persatuan bangsa. Pasalnya, ada banyak penyalahgunaan media sosial dengan…

Seminar Nasional Terowongan Kementerian PUPR

Selasa, 18 September 2018 - 21:43 WIB

Kementerian PUPR Terus Dorong Inovasi Teknologi Pembangunan Terowongan

Keberadaan terowongan dalam pembangunan jalan akan mempersingkat jarak dibandingkan pembangunan jalan yang harus memutar perbukitan atau pegunungan.

Presiden dan CEO Manhattan Associates Eddie Capel saat mengumumkan sistem pergudangan terintegrasi (Foto: Dok. Manhattan)

Selasa, 18 September 2018 - 21:30 WIB

Manhattan Associates Umumkan Penyempurnaan Sistem Pergudangan Terintegrasi

Manhattan Associates Inc. (NASDAQ: MANH) hari ini mengumumkan penyempurnaan yang signifikan terhadap solusi andalannyaWarehouse Management Solution(WMS)atau Solusi Pengelolaan Gudang.