Harga Tembakau Bojonegoro Capai Rp22.000/Kilogram

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:35 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan harga tembakau Virginia Voor Oogst (VO) rajangan tertinggi mencapai Rp22.000/kilogram, dengan pembeli pedagang lokal karena gudang belum melakukan pembelian.

"Harga tembakau Rp22.000 per kilogram itu untuk tembakau rajangan petikan ketiga dan keempat," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Senin (27/8/2018)

Menurut dia, panen tanaman tembakau di daerahnya sudah berlangsung sejak pertengahan Agustus lalu, antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Kedungadem, dan Sugihwaras.

Hanya saja, lanjut dia, luas tanaman tembakau yang sudah panen belum terlalu luas karena sejumlah sentra tembakau di daerahnya, antara lain, di Kecamatan Kepohbaru, Baureno, dan Sumberrejo, baru akan mulai panen.

"Pembeli tembakau masih pedagang lokal. Gudang pabrikan kemungkinan mulai melakukan pembelian tembakau awal September," ujar dia.

Sesuai data yang diterima menyebutkan harga tembakau daun basah petikan kesatu berkisar Rp1.000-Rp1.200/kilogram, petikan kedua berkisar Rp1.500-Rp2.000/kilogram dan petikan ketiga berkisar Rp2.700-Rp3.000/kilogram.

"Tembakau petikan keempat lebih mahal lagi, tapi banyak yang kemudian dirajang," ucapnya.

Ia optimistis kualitas tembakau Virginia VO, Jawa, juga Virginia RAM pada musim tanam tahun ini cukup bagus, sebab didukung cuaca yang langka turun hujan.

"Langka hujan lebih menguntungkan tanaman tembakau, dibandingkan lebih banyak hujan. Meskipun ada tanaman tembakau yang tidak berkembang akibat kekurangan air," kata dia menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa PT Sadhana Arifnusa Padangan, di Kecamatan Padangan, yang bermitra dengan petani menanam tembakau Virginia Rajangan Amil (RAM) dengan luas 965,50 hektare sudah mulai melakukan pembelian tembakau sejak 24 Agustus.

"Tapi harga pembeliannya kami belum menerima laporan," ujarnya.

Tanaman tembakau Virginia RAM tertanam antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Malo, juga kecamatan lainnya. Selain itu, di daerahnya luas tanaman tembakau Virginia VO tertanam seluas 4.890 hektare dan Jawa 2.768 hektare.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya itu PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…