Charoen Pokphand Indonesia Tingkatkan Kesejahteraan Petani Jagung

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 Februari 2017 - 14:46 WIB

Jagung Ilustrasi
Jagung Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Salah satu program kerja PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) di awal tahun 2017, yaitu mengedukasi  petani jagung terkait pengelolaan pasca panen agar harga jagung lebih maksimal sekaligus memberikan penjelasan terkait skema jika ingin menjadi supplier langsung ke CPI.

Edukasi kepada petani jagung tersebut diharapkan CPI dapat turut berkontribusi terhadap peningkatan taraf kesejahteraan petani jagung di Indonesia serta mengoptimalkan prognosa perseroan atas komoditas tersebut. CPI mengedukasi para petani, jagung-jagung seperti apa yang bisa diterima dengan harga tinggi, kadar airnya berapa persen dan kualitas jagung yang diinginkan

Di bulan Februari ini, CPI melakukan edukasi kepada kelompok tani komoditas jagung di wilayah Medan & Makasar, namun tidak terlepas kemungkinan akan dilakukan pula di kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

Adapun hal tersebut dimaksudkan agar lebih menggairahkan petani dalam berproduksi sehingga pola penanaman jagung bisa bersifat berkelanjutan dan produktif.

Acuannya nilai tukar petani bisa lebih meningkat. Dan yang tidak kalah penting untuk diketahui petani, adalah, tidak ada pungutan jika ingin memasok secara langsung ke CPI, karena yang diprioritaskan adalah kualitas.

Produsen pakan ternak PT Charoen Pokphand Indonesia, berkomitmen menyerap hasil panen secara langsung dari petani sesuai dengan patokan harga referensi pemerintah.

Santo Kadarusman, Public Relations & Marketing Event CPI “mengatakan penyerapan jagung lokal tersebut diharapkan bisa lebih memudahkan petani menjual hasil produksi serta mendapatkan harga beli yang lebih tinggi”.

CPI mendorong kesejahteraan petani lokal dengan memberikan harga beli yang baik, mengedukasi petani untuk menghasilkan jagung berkualitas yang berstandar nasional dan memudahkan segala proses jual beli yang transparan dan bebas pungutan liar (pungli)

Sebagai contoh untuk wilayah Sumbagut, Saat ini tingkat kebutuhan jagung untuk konsumsi pakan ternak mencapai 1.200.000 ton per tahun. CPI mampu menyerap jagung mencapai 800 sampai 1.000 ton per hari. “Stok akan aman andai sedang panen raya, CPI tidak hawatir akan ketersediaan jagung”.

Kebijakan pemerintah yang menstop 40 persen impor jagung memiliki keuntungan bagi petani jagung. Dengan stop impor jagung, petani jagung diharapkan bisa lebih bergairah menanam jagung karena harga jual yang tinggi. Namun, disisi lainnya, apabila pemerintah tidak segera merealisasikan penambahan lahan baru untuk penanaman jagung, ketersediaan jagung secara nasional akan terganggu.

CPI melihat ini sebagai sesuatu yang baik dan CPI mencoba mendorong program pemerintah dengan memberikan pasar yang luas bagi petani jagung untuk menjual hasil panen jagungnya, tutup Santo.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke

Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan tersebut, BookMyShow hari ini memperkenalkan…

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…

TAUZIA Hotels (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 13:40 WIB

TAUZIA Move Awards 2018, Penghargaan Diberikan Rayakan Para Karyawan - Kreativitas

Even perdana TAUZIA Move Awards - kompetisi tarian para karyawan dari jaringan hotel TAUZIA, baru saja digelar di Jumat 12 Oktober 2018 di hadapan seluruh General Managers, Hotel Managers maupun…

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Puspayoga Ajak Masyarakat Gunakan Alat Musik Lokal Kualitas Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak masyarakat dan para pecinta musik untuk berbelanja alat musik buatan para produsen lokal di Ajang Smesco Music Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco…