Lima Hal Ini Yang Perlu Diketahui Tentang LRT di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 Agustus 2018 - 11:34 WIB

LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading
LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masa uji coba Light Rail Train (LRT) Jakarta sudah dilakukan tiga kali, adapun rute uji coba LRT tersebut yakni Stasiun Veledrome-Kelapa Gading.  Ternyata setelah dilakukan uji coba, tak ada kendala dalam pengoperasian LRT tersebut, tapi sampai sekarang kenapa belum dioperasikan ya?

1. Operasi uji coba LRT harus sebulan

Corporate Secretary PT Jakpro Hani Sumarno mengatakan, uji coba Light Rail Transit ( LRT) dilakukan satu bulan untuk melihat dan mengatasi kekurangan pada kereta tersebut.

Sumarno meneruskan, masa uji coba RLT ini telah dilakukan dan hasilnya terlihat bagus. “Uji coba tidak ada kendala,” ujarnya.

Kata Sumarno, moda transportasi ini bukan untuk momen Asian Games 2018. Namun Djoko menjelaskan akan memanfaatkan momen Asian Games sebagai sarana komunikasi dengan publik tentang sarana transportasi LRT

2. LRT menampung 278 penumpang per set

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, penumpang yang diangkut akan dipilih secara selektif, mengingat agar penumpang nyaman di dalam LRT tersebut. LRT Jakarta telah memiliki delapan trainset pada mainline di Kelapa Gading.

“Dengan total jumlah penumpang per set yang bisa dilayani kereta tersebut mencapai 278 penumpang per set agar para penumpang nyaman,” kata Iwan.

 3. Rute sepanjang 5,8 km

Sebelumnya, kereta ringan LRT ini sudah diujioperasikan pada 15,16 dan 20 Agustus lalu. Adapun rute RLT ini adalah rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km.

4. LRT akan mengangkut penumpang terbatas

Iwan mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan guna bisa memulai uji operasi.

Iwan melanjutkan, nantinya RLT Jakarta tersebut akan mengangkut penumpang secara terbatas.

“Serangkaian proses uji coba masih harus dilalui LRT ini agar bisa beroperasi secara penuh,” katanya.

5. Rencananya, harga tiketnya Rp10.800 lho

LRT Jakarta Segera Beroperasi, Ini 5 Fakta yang Perlu Kamu TahuANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Harga tiket LRT Jakarta diusulkan Rp10.800. Namun untuk sementara harga tiket ini sedang diusulkan dewan transportasi kota Jakarta.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan angka tersebut cukup moderat untuk bisa menikmati moda transportasi sekelas LRT.

“Kalau perhitungan melalui biaya operasionalnya, harusnya diberikan harga Rp35.000 - Rp40.000," kata Djoko. Wah, jadi gak sabar ya mencoba LRT Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…