Lima Hal Ini Yang Perlu Diketahui Tentang LRT di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 Agustus 2018 - 11:34 WIB

LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading
LRT Stasiun Veledrome-Kelapa Gading

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masa uji coba Light Rail Train (LRT) Jakarta sudah dilakukan tiga kali, adapun rute uji coba LRT tersebut yakni Stasiun Veledrome-Kelapa Gading.  Ternyata setelah dilakukan uji coba, tak ada kendala dalam pengoperasian LRT tersebut, tapi sampai sekarang kenapa belum dioperasikan ya?

1. Operasi uji coba LRT harus sebulan

Corporate Secretary PT Jakpro Hani Sumarno mengatakan, uji coba Light Rail Transit ( LRT) dilakukan satu bulan untuk melihat dan mengatasi kekurangan pada kereta tersebut.

Sumarno meneruskan, masa uji coba RLT ini telah dilakukan dan hasilnya terlihat bagus. “Uji coba tidak ada kendala,” ujarnya.

Kata Sumarno, moda transportasi ini bukan untuk momen Asian Games 2018. Namun Djoko menjelaskan akan memanfaatkan momen Asian Games sebagai sarana komunikasi dengan publik tentang sarana transportasi LRT

2. LRT menampung 278 penumpang per set

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, penumpang yang diangkut akan dipilih secara selektif, mengingat agar penumpang nyaman di dalam LRT tersebut. LRT Jakarta telah memiliki delapan trainset pada mainline di Kelapa Gading.

“Dengan total jumlah penumpang per set yang bisa dilayani kereta tersebut mencapai 278 penumpang per set agar para penumpang nyaman,” kata Iwan.

 3. Rute sepanjang 5,8 km

Sebelumnya, kereta ringan LRT ini sudah diujioperasikan pada 15,16 dan 20 Agustus lalu. Adapun rute RLT ini adalah rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km.

4. LRT akan mengangkut penumpang terbatas

Iwan mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan guna bisa memulai uji operasi.

Iwan melanjutkan, nantinya RLT Jakarta tersebut akan mengangkut penumpang secara terbatas.

“Serangkaian proses uji coba masih harus dilalui LRT ini agar bisa beroperasi secara penuh,” katanya.

5. Rencananya, harga tiketnya Rp10.800 lho

LRT Jakarta Segera Beroperasi, Ini 5 Fakta yang Perlu Kamu TahuANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Harga tiket LRT Jakarta diusulkan Rp10.800. Namun untuk sementara harga tiket ini sedang diusulkan dewan transportasi kota Jakarta.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan angka tersebut cukup moderat untuk bisa menikmati moda transportasi sekelas LRT.

“Kalau perhitungan melalui biaya operasionalnya, harusnya diberikan harga Rp35.000 - Rp40.000," kata Djoko. Wah, jadi gak sabar ya mencoba LRT Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…