Inovasi Keren, Dokter Ini Ciptakan Plester Pembasmi Jamur

Oleh : Irvan AF | Kamis, 09 Februari 2017 - 09:17 WIB

Ilustrasi plaster. (Sodapix/Getty Images)
Ilustrasi plaster. (Sodapix/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dokter Ketut Gede Budhi Riyanta berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi inovasi Blackinovation 2016 melalui inovasi plester pembasmi jamur di kulit yang bernama Fungiplast.

"Plester ini mengandung obat penyembuh jamur dengan dosis yang terukur sehingga selain dapat menyembuhkan dengan efektif infeksi dermatologi pada kulit, plester ini juga mampu menutup infeksi sehingga tidak mengurangi percaya diri penggunanya," ujar Budhi di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Plester tersebut memiliki keunggulan yakni menyamarkan infeksi jamur di kulit, anti air dan dapat bertahan lebih lama, dosis terukur, tahan lama, juga tersedia berbagai pilihan warna dan ukuran, penggunaan lebih dari 24 jam, dan harga kompetitif.

Dia mengatakan pihaknya telah menguji efektifitas plester tersebut di laboratorium. Ke depan, dia berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan farmasi untuk mengembangkan produk itu.

Selain Budhi, dua inovator lainnya juga berhasil keluar sebagai inovator terbaik pada BlackInnovation 2016, yakni Ignatius Ario Noegroho dengan inovasinya bertajuk "Ranginas", serta inovator ketiga yakni Ratu Aghnia Fadillah dan Rogers Dwiputra Setiady dengan inovasinya berupa "Lemuria".

Ranginas merupakan pengering pakaian yang bisa mengeringkan pakaian tanpa mengenal cuaca. Sementara, Lemuria merupakan perangkat Internet of Things (IoT) yang akan melakukan pemindaian volume sampah di tempat penampungan sampah.

Ketiganya masing-masing berhak mendapatkan total hadiah uang tunai Rp 30 juta ditambah Innovation Journey ke Jepang untuk melihat tempat-tempat inovatif yang menarik untuk dipelajari.

Perwakilan penyelenggara BlackInnovation 2016, Gege Dhirgantara, mengatakan ajang tersebut merupakan dukungan swasta terhadap ide kreatif anak bangsa.

"Ini wujud karya riil karya anak bangsa. Kami berharap, karya ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia tapi juga dunia," harap Gege.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…