Semen Baturaja Kebut Dua Proyek Yang Diperkirakan Rampung Akhir Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Agustus 2018 - 21:28 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) tengah menggeber dua pekerjaan pembangunan fasilitas palletizer di pabrik Baturaja dan rencana akuisisi tambang batubara yang diperkirakan rampung pada akhir tahun ini.

Perseroan telah menunjuk kontraktor pelaksana, yakni Beumer dari Jerman pada Juli tahun ini. Selanjutnya, instalasi fasilitas yang menghabiskan dana sebesar Rp7 miliar dapat dilakukan sekitar Oktober sehingga pekerjaan dapat diselesaikan pada November mendatang.

Sementara, untuk rencana akuisisi tambang baturaja, perseroan sedang melakukan pembicaraan dengan dua tambang. Adapun, target pelaksanaan akuisisi dapat dituntaskan pada Desember 2018 dengan nilai investasi sebesar Rp300 miliar. 

Selain itu, perseroan tengah membangun cement mill dan pabrik pengemasan di Jambi. Saat ini, pihaknya tengah mengurus perizinan, pembebasan lahan dan persiapan dokumen pengadaan. 

Untuk proyek tersebut, perseroan menganggarkan investasi sebesar Rp250 miliar dan diharapkan pabrik dapat memulai operasional pada Maret 2020. 

Pada Juli 2018, Semen Baturaja mencatat volume penjualan sebanyak 189.701 ton atau meningkat 82%, dari waktu serupa tahun lalu sekitar 104.314 ton. Semen Baturaja tetap mendominasi pasar Sumatera Selatan dengan pangsa pasar pada semester I 2018 sekitar 52,9% atau tumbuh 8,1% dari periode tahun lalu.

Pada periode tersebut, total volume penjualan Semen Baturaja di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung meningkat 12,4% atau menjadi 2,945 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).