Lantik Pejabat, Menkominfo Ingatkan Soal Pengelolaan Anggaran

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Agustus 2018 - 09:05 WIB

Menkominfo Rudiantara (Foto Dok Industry.co.id)
Menkominfo Rudiantara (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengingatkan kepada Pejabat Tinggi Pratama, Direktur BAKTI, dan Administratur di lingkungan Kementerian Kominfo untuk cepat dan cermat dalam pengelolaan anggaran.

"Teman-teman semua sekarang sudah Bulan Agustus tanggal 20, praktis hanya 4 bulan lagi kita belanja anggaran dan mengeksekusi program kita," katanya dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Tinggi Pratama, Direktur BAKTI dan Pejabat Administratur di Lingkungan Kementerian Kominfo, di Auditoritorium Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta (20/08/2018).

Rudiantara mengajak seluruh pejabat untuk segera mengeksekusi program dan memperhatikan serapan anggaran dengan cara yang efisien dan akuntabel.

"Percepat untuk belanja modal terutama dan untuk belanja non operasional jika tidak perlu dikeluarkan ya jangan dikeluarkan," terangnya.

Menkominfo menegaskan bahwa anggaran harus digunakan dengan baik dan benar. "Kalau ada yang merasa anggaran itu milik saya, milik satker saya akan berhadapan dengan Sesitjen atau Dirjen dan saya (Menteri Kominfo)," katanya.

Efisiensi pengelolaan anggaran menurut Rudiantara dilakukan dengan cara membelanjakan alokasi anggaran untuk program prioritas.

"Anggaran itu bukan dari satker juga bukan milik organisasi. Karena itu saya keluarkan Kepmen untuk menegaskan peran Sekretaris Ditjen dalam melakukan relokasi anggaran agar lebih efektif. Yang perlu tambahan anggaran karena melakukan sesuatu (prioritas) ya diprioritaskan," ungkap Rudiantara. 

Ia mengharapkan promosi dan mutasi kali ini dapat meningkatkan kinerja kementerian yang dipimpinnya.

"Semoga yang dipromosikan yang dimutasi hari ini dapat menjadi angin segar bagi kita melakukan suatu pekerjaan yang barang kali baru," harapnya.

Menurutnya, setiap level pejabat memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan keahliannya. "Kalau Eselon II itu manajerial skill, Eselon III dan IV itu technical skill. Jika ada Eselon II yang mengerjakan technical skill maka saya jadikan saja fungsional suatu saat," tandasnya.

Menteri Rudiantara menegaskan prinsip yang dianutnya bahwa kepala satuan kerja bertanggung jawab atas satuan kerjanya. Oleh karena itu ia mengakui tidak terlalu banyak ikut campur dalam penetapan pejabat.

"Rotasi dan mutasi yang dilakukan ini ditetapkan oleh teman-teman Eselon I. Saya tidak teralu banyak ikut campur, karena prinsip saya masing-masing kepala satker bertanggung jawab atas satkernya," kata Rudiantara.

Menteri Kominfo mengakui dirinya hanya memperhatikan pada aspek tata kelola dan kinerja. "Saya cuma jaga dari sisi governance, ukurannya adalah kinerja. Golongan dan pangkat itu syarat administratif. Hal yang lebih penting adalah apa yang kita deliver," jelasnya.

Di akhir sambutan, Menteri Kominfo mengucapkan selamat dan minta untuk disampaikan terima kasih kepada keluarga seluruh pejabat.

"Saya mengucapkan selamat atas yang dilantik dan promosi, dan yang melakukan rotasi, mutasi, anggap ini semacam stimulan bagi kita untuk bisa berkinerja lebih baik. Sampaikan salam ke istri atau suami dan keluarga di rumah yang selama ini mendukung teman-teman bekerja dengan baik," pungkas Menkominfo. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…