Ini Peran Fintech Peer to Peer Lending Tingkatkan Kelas Para UKM

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 Agustus 2018 - 18:17 WIB

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran
Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri Finansial Teknologi (tekfin) semakin menunjukan peranya dalam pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) agar bisa menaikan kelasnya, demikian halnya dengan Akseleran yang merupakan fintech peer to peer lending di Indonesia.

Chief Credit Officer & Co-Founder, Christopher Gultom mengatakan, peran Peer to Peer Lending (P2P Lending) sebagai layanan pinjam meminjam uang berbasis tekologi informasi sangat relevan dan cukup krusial, diharapkan dapat menjadi angin segar bagi pertumbuhan sektor UKM di Indonesia. 

"Dengan layanan P2P Lending, setiap UKM yang selama ini kesulitan memperoleh akses pembiayaan dari perbankan dan layanan keuangan konvensional lainnya, diberikan akses pembiayaan baru dengan syarat lebih fleksibel (tanah dan bangunan sebagai jaminan bukan syarat utama bagi penyelenggara P2P Lending) serta prosesnya secara online sehingga jauh lebih cepat dan lebih mudah," terang Chris melalui keterangan media, Senin (20/8/2018).

Berdasarkan data dari OJK, lanjut Chris, terlihat adanya gap kebutuhan pembiayaan bagi UKM hingga sebesar Rp1.000 triliun pada akhir tahun 2017. Sedangkan porsi dari perusahaan-perusahan fintech lending per Juli 2018, baru menyalurkan pembiayaan sekitar Rp7 triliun. 

"Dari data tersebut, tentunya market pembiayaan bagi UKM di Indonesia masih sangat besar sehingga keberadaan P2P Lending sangat potensial dan dibutuhkan dalam mempertipis gap pembiayaan terhadap UKM," lanjutnya.

Demikian halnya kehadiran Akseleran, yang merupakan salah satu perusahaan P2P Lending yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kami harapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kelas UKM di tanah air dengan memberikan akses pembiayaan. Hal ini ditambah lagi dimana Akseleran sudah tersertifikasi oleh ISO 270001, menunjukkan komitmen kami dalam memperhatikan perlindungan konsumen.

Chris mengatakan, sejak Oktober 2017 hingga pertengahan Agustus 2018, Akseleran tercatat sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp95 miliar kepada lebih dari 200 debitur. Pencapaian ini termasuk yang tercepat dibandingkan perusahaan P2P Lending lainnya yang ada di Indonesia dan membuktikan peranan Akseleran untuk meningkatkan kelas UKM sangat tinggi. 

"Bahkan, karena besarnya animo UKM dan tingkat kepercayaan mereka yang semakin meningkat terhadap kebutuhan pembiayaan dari Akseleran, maka selama empat bulan ke depan kami akan menambah area layanan pembiayaan ke wilayah lainnya, yakni di Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Surabaya sehingga kami ingin secara full memenuhi pembiayaan UKM di Pulau Jawa selain di Jabodetabek dan juga Balikpapan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…