OJK: Industri Keuangan Akan Lebih Efisien Dengan Kehadiran Teknologi

Oleh : Ridwan | Senin, 20 Agustus 2018 - 14:10 WIB

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)
Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebut saat ini inovasi yang berkaitan dengan teknologi tidak hanya mengubah industri teknologi. Lebih dari itu teknologi telah mengubah perilaku keseharian manusia.  

"Inovasi ini satu hal yang tidak bisa kita mungkiri, di industri kemajuannya pesat sekali. Mau tak mau kita harus mengoptimalkan kehadiran teknologi, berarti harus mengubah proses bisnis dan sistem kerja," ungkapnya dalam Peluncuran Awal Finctech Center Otoritas Jasa Keuangan yang diluncurkan awal di Wisma Mulia 2, Jakarta, Senin (20/08/2018).

Bahkan, tambah Wimboh, dalam keseharian di OJK, saat ini proses pengawasan dengan teknologi jauh lebih efektif.

"Kita tidak terlalu kirim banyak orang, dengan teknologi bisa lebih efektif. Bahkan mimpi kami kita akan punya gedung sendiri dan menjadi digital office paling maju di Indonesia," tuturnya.

Mengenai financial technology, Wimboh Santoso menyebut saat ini inovasi dilakukan tidak hanya oleh start up digital, bahkan penyedia layanan perbankan dan keuangan juga mulai mengembangkan layanan dengan pemanfaatan technologi. 

"Ini fintech ini lebih luas dari itu. Dengan adanya teknologi bisa meng-cover nasabah lebih banyak dengan waktu yang cepat. Ada kemudian berkembang branchless banking atau agen banking. Ke depan pembukaan kantor cabang fisik tidak ada lagi," katanya.

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK, pihaknya tengah mempersiapkan untuk menghadapi perubahan itu.

"Kami menyambut baik, bahkan juka ada yang berpikir pegawai yang di cabang mau diapakan, itu kami sedang antisipasi," jelasnya.

Wimboh Santoso menyatakan industri keuangan akan lebih efisien dengan kehadiran teknologi. "Tugas OJK dengan hadirnya teknologi kita harapkan industri keuangan lebih efisien. Nasabah lebih suka karena proses cepat, transparan dan ongkosnya murah," ungkapnya. 

Oleh karena itu, Wimboh mengharapkan para pengembang fintech dapat melakukan terobosan dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Jika di fintech ongkos sama daengan perbankan tak akan laku itu. Kita sudah keluarkan aturan yang intinya fintech jadi benefit bagi masyarakat," tegasnya. 

Aturan dari OJK yang dikeluarkan minggu lalu, dijelaskan oleh Ketua Dewan Komisioner mencakup ketentuan layanan yang harus transparan, berpihak kepada mayarakt tidak ada abuse, akuntabilitas atau ada yang bertanggung jawab, dan meurujuk ke sektor jasa keuangan.

Sebagai upaya untuk membangun ekosistem fintech di Indonesia, OJK Infinity memungkinkan stakeholders dari industri keuangan dan perbankan, start up digital, dan kementerian dan lembaga untuk diskusi, melakukan penelitian, konseling berkaitan dengan pengembangan inisiatif keuangan digial yang aman, andal dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Nurhaedah menyatakan pembentukan Fintech Center OJK merupakan komitmen kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan sektor keuangan digital.

"Visi Indonesia memberikan layanan yang efektif dan efisien serta bermanfaat dan mendukung peningkatan inklusi keuangan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…