Kominfo Kirim Tambahan 34 Telepon Satelit untuk Koordinasi Penanganan Bencana di Lombok

Oleh : Ridwan | Senin, 20 Agustus 2018 - 10:27 WIB

Gempa bumi Lombok NTB (Foti Rizki Meirino)
Gempa bumi Lombok NTB (Foti Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirimkan tambahan 34 unit telepon satelit untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi penanganan bencana.

Perangkat yang akan dikirimkan hari ini, Senin (20/08/2018) itu akan melengkapi perangkat telepon satelit yang telah dikirimkan sebelumnya dan sudah operasional menjadi 50 unit. 

"Hari ini Tim BAKTI akan membawa 34 telepon satelit tersebut ke Lombok. Sementara saat ini di Lombok kami telah tempatkan 16 telepon satelit", kata Anang Latif, Dirut BAKTI.

Menurut Dirut BAKTI penambahan itu dilakukan sesuai arahan Menteri Kominfo Rudiantara. "Semalam, usai kejadian gempa bumi, Pak Menteri langsung menginstruksikan agar kami menambah dukungan telepon satelit beserta pulsanya yang mencukupi," jelas Anang Latif.

Pasca gempa bumi 7.0 SR dengan pusat di bagian barat Sumbawa Barat, Minggu (19/08/2018) sejumlah kawasan di Pulau Lombok kembali terdampak.

Aliran listrik di Lombok Timur dan Lombok Utara dilaporkan padam. Padamnya aliran listrik berpotensi memengaruhi operasional base station atau BTS yang ada di Pulau Lombok.

Gempa susulan yang masih berlangsung juga membutuhkan dukungan sarana telekomunikasi agar koordinasi penanganan dampak bencana berlangsung lebih cepat.

Distribusi telepon satelit tersebut akan dikoordinasikan oleh Koordinator Lapangan Kemkominfo di Lombok yaitu I Komang Sudiarta, Kepala Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram yang beralamat di Jalan Singosari No 4 Mataram. Tlp.0370646411. Fax. 0370 648740.

Selain memberikan bantuan telepon satelit, saat ini BAKTI Kominfo juga tengah melakukan monitoring kondisi VSAT Portable yang digunakan untuk mendukung kebutuhan jaringan internet di media center yang ada di Kantor Gubernur dan Kantor Bupati Lombok Barat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…