PGN Pasok Gas ke Kaldron GBK Terkait AG 2018

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 07:22 WIB

Holding Migas Pertamina - PGN (dok IndoPetroNews)
Holding Migas Pertamina - PGN (dok IndoPetroNews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memasok bahan bakar gas bumi ke kaldron Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam rilis di Jakarta, Minggu (19/8/2018)  mengatakan, Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) telah meminta perusahaan mengalirkan gas untuk menyalakan api di kaldron utama dalam stadion dan kaldron lainnya di luar stadion selama ajang olahraga terbesar di Asia yang berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Api untuk kaldron ini tidak boleh mati sedetik pun. Karena kobaran api berwarna merah menyala-nyala ini menggambarkan semangat para atlet yang akan bertanding di Asian Games. Penting bagi kami untuk bisa mempersiapkan api kaldron sesuai dengan kriteria yang ditentukan," katanya.

Asian Games 2018 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8) malam.

Rangkaian seremoni pembukaan termasuk penyalaan api di kaldron Asian Games tersebut mendapat apresiasi.

Menurut Rachmat, pasokan gas bumi PGN dalam bentuk terkompresi (compressed natural gas/CNG) itu disebut Gaslink, yang disediakan anak usaha PGN, PT Gagas Energi Indonesia.

Tabung CNG berisi gas 200 bar ditempatkan dalam truk gas transport module (GTM) di dekat lokasi kaldron.

Terdapat empat truk GTM ukuran 20 dan 10 kaki yang digunakan.

Keempat truk pengangkut CNG itu dilengkapi dengan pressure release device, yaitu alat yang berfungsi melepaskan gas secara langsung ketika terjadi benturan atau panas berlebih.

Untuk tambahan pengamanan, Gagas juga mengoperasikan dua unit pressure reduction system (PRS) dengan kapasitas 1.000 m3/jam dan 300 m3/jam yang sudah dilengkapi dengan pressure safety valve.

Alat itu berfungsi melepaskan tekanan berlebih pada PRS dan shutdown valve yang dapat ditutup secara manual ketika terjadi kebocoran.

"Gagas akan memastikan api di kaldron berwarna merah menyala dan terus hidup dengan menyiagakan tim operator selama 24 jam. Kami telah melakukan serangkaian tes untuk menjamin hal tersebut, pada pagi, siang, sore, dan malam hari dengan simulasi berbagai kondisi cuaca," kata Rachmat.

Berdasarkan tes yang telah dilakukan, total kebutuhan gas untuk menghidupkan api kaldron mencapai 40.000 m3 dengan rincian 14.000 m3 untuk kaldron di dalam stadion dan 26.000 m3 untuk kaldron di luar stadion.

Penyaluran gas untuk kaldron utama kurang lebih selama dua jam saat acara pembukaan berlangsung. Sedangkan kaldron luar terus dipasok gas selama pelaksanaan Asian Games.

Rachmat menambahkan selain memasok gas, PGN juga memberikan dukungan tambahan berupa 500 supir bajaj yang telah diberi pembekalan Bahasa Inggris.

Para supir yang tergabung dalam Kobagas binaan PGN itu, siap mengantisipasi bajaj miliknya ditumpangi peserta Asian Games dari luar negeri.

"PGN ingin para sopir Kobagas yang selama ini menjadi mitra kami, bisa menjadi duta Asian Games, yang ramah dan informatif ke penumpang," kata Rachmat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…