Gempa NTB 7,0 SR Terasa Sampai JawaTimur

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 03:44 WIB

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)
BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jember,- Gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada Minggu(19/8/2018) pukul 21.56 WIB terasa hingga Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Getaran gempa terasa sekali karena kebetulan saya dan anak-anak masih belum tidur, kemudian lampu yang digantung di dalam rumah bergoyang-goyang sempat membuat kami panik," kata Hamidah, warga di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Minggu malam.

Ia bersama dua anaknya langsung keluar rumah dan sempat berteriak kepada tetangga yang ada di depan rumah yang mengabarkan ada gempa bumi, sehingga beberapa warga yang mendengar teriakan tersebut juga keluar rumah.

"Saat gempa sudah tidak terasa, kami kembali masuk ke dalam rumah sambil mencari informasi gempa tersebut berpusat di mana dan ternyata di Lombok. Kami berharap semua warga di sana baik-baik saja dan tidak ada korban jiwa seperti gempa bumi sebelumnya," katanya.

Guncangan gempa bumi tersebut juga dirasakan oleh Imron yang merupakan warga di Kecamatan Balung, bahkan sebagian warga juga sempat keluar rumah saat merasakan getaran gempa bumi selama beberapa detik tersebut.

"Warga sempat keluar rumah, namun akhirnya kembali ke dalam rumah setelah tidak adanya gempa bumi yang dirasakan lagi. Setelah mendapatkan informasi, ternyata sejumlah gempa susulan terus terjadi di Lombok, namun kekuatanya lebih kecil," ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo seperti dilansir Antara mengatakan gempa bumi kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu pukul 21.56 WIB dengan kekuatan 7 Skala Richter.

"Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika tercatat pusat gempa berada 30 kilometer timur laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 kilometer, dengan pusat gempa berada pada koordinat 8,28 Lintang Selatan dan 116,71 Bujur Timur, serta tidak berpotensi tsunami," tuturnya.

Ia menjelaskan warga di Kabupaten Jember merasakan guncangan gempa berkekuatan 7 SR tersebut hampir menyeluruh di 31 kecamatan di kabupaten setempat, namun hingga kini belum ada laporan dari warga terkait dengan kerusakan bangunan akibat gempa yang berpusat di Lombok tersebut.

"Mudah-mudahan tidak ada kerusakan yang terjadi di Jember akibat gempa bumi di Lombok tersebut," katanya.

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi susulan kembali terjadi di Lombok Timur masing-masing pada pukul 22.16 WIB, 22.28 WIB, dan 22.45 WIB.

Gempa pertama pada pukul 22.16 WIB berkekuatan 5,6 SR yang berlokasi di 8.35 Lintang Selatan - 116.53 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer (km). Pusat gempa berada di 18 km Barat Laut Lombok Timur.

Selanjutnya gempa kedua pada pukul 22.28 WIB berkekuatan 5,8 SR yang berlokasi di 8.3 Lintang Selatan - 116.56 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di 23 km Barat Laut Lombok Timur.

Kemudian gempa ketiga pada pukul 22.45 WIB dengan kekuatan 5 SR berlokasi di 8.24 Lintang Selatan - 116.99 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km dan pusat gempa berada di 56 Timur Laut Lombok Timur, namun semua gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalan perbatasan lintas papua

Senin, 19 November 2018 - 07:55 WIB

Kementerian PUPR Akan Mulai Pembangunan PLBN Sota Merauke Pada Awal 2019

Selain percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga memiliki tugas utama lainnya dalam melaksanakan pembangunan Pos Lintas Batas…

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meninjau proyek pembangunan jalur ganda Maja- Rangkas Bitung di stasiun Citeras, Lebak, Banten Minggu (18/11/2018).

Senin, 19 November 2018 - 07:54 WIB

Citra Maja Raya Bakal Bangun Shelter Komuter di Dalam Kawasan

PT Ciputra Residence selaku pengembang hunian terpadu Citra Raya Maja dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) kini akan dilalui rel double track Maja- Rangkas Bitung.Dimana, sebelumnya…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 07:50 WIB

Nilai Tukar dan Fundamental Topang Penguatan IHSG Hari Ini

Jakarta - IHSG mengawali pekan yang pendek masih terlihat terus berusaha menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik, IHSG di level 5868 - 6123. Stabilnya nilai tukar ditambah dengan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 19 November 2018 - 07:44 WIB

IHSG Menguat Terbatas, Cermati Sebelas Saham

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung mengalami penguatan terbatas diawal pekan dengan support 5957-6066. Saham-saham yang masih dapat…

Pekerja memeriksa tower komunikasi milik XL Axiata. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 07:43 WIB

XL Axiata Dorong Pemanfatan Sarana Digital

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendorong pemanfaatan sarana digital secara positif oleh masyarakat, khususnya untuk generasi muda melalui acara "XL Axiata Digifest" yakni kompetisi musik,…