Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

INDUSTRY.co.id - Purwokerto- Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor Suwarto.

"Saya kira dari segi pemerataan pembangunan, saya amati cukup bagus karena  di beberapa daerah luar Jawa, pembangunan kelihatannya sudah berkembang pesat dan itu saya kira infrastuktur jalan dan sebagainya akan menggairahkan perekonomian di daerah-daerah tersebut," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (16/8/2018_

Dengan demikian, kata dia, tidak ada perkembangan ekonomi kalau infrastrukturnya terbatas dan menjadi penghambat.

Oleh karena itu, menurut dia, percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah merupakan langkah yang bagus untuk merangsang kegiatan perekonomian di suatu tempat.

"Hanya yang perlu diperhatikan adalah harus gantian, dalam arti jangan infrastruktur saja, tetapi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di tempat itu juga harus diimbangi. Jangan sampai infrastrukturnya sudah bagus tetapi SDM-nya tidak ada sentuhan," kata pria yang akrab disapa Prof. Warto itu.
 

Dalam hal ini, dia mencontohkan pembangunan SDM dapat berkaitan dengan bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat setempat untuk mengembangkan ekonomi, inovasi, serta memelihara dan menjaga infrastruktur.

Menurut dia, kemampuan-kemampuan itu harus dikuasai oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut sehingga mereka mempunyai rasa memiliki dan mampu mengembangkan perekonomian.

"Syukur-syukur bisa membantu pengembangan infrastruktur yang ada di situ," kata pakar pertanian itu.

Kepada Antara, Ia mengakui jika pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah sekarang telah banyak membuka daerah terpencil.

Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan pemerintahan sebelumnya yang lebih mempriotaskan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah tertentu.

"Tapi dengan pemerataan ini (pembangunan infrastruktur, red.), saya kira bagus itu karena di mana-mana ekonomi akan berkembang," katanya.

Ia mencontohkan pembangunan wilayah pedesaan di Jawa yang saat ini berkembang pesat dengan perbaikan infrastuktur pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani akan mempercepat perpindahan komoditas-komoditas di suatu wilayah sehingga lebih efisien dan ekonomis.

Bahkan, kata dia, pembangunan infrastruktur juga mendukung pembangunan peradaban dan budaya sehingga tidak ada lagi daerah yang terisolasi.

"Dengan demikian, warga yang berada di daerah terpencil bisa merasakan pembangunan infrastruktur. Mereka bisa merasakan inilah Indonesia yang telah 73 tahun merdeka, pembangunannya sudah mulai merata," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…