IPW Puji Pengangkatan Ari Dono Sebagai Wakapolri

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 10:53 WIB

Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto (Foto Dok Industry.co.id)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Police Watch memuji pengangkatan Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Ari Dono adalah salah satu Komjen senior di Polri yang juga satu angkatan dengan wakapolri sebelumnya, yakni Akpol 85," kata Neta Ketua IPW , S Pane melalui siaran persnya di Jakarta, Jumat (178/2018)

Dengan diangkatnya Ari Dono sebagai wakapolri, kata dia, maka sistem kaderisasi yang dibangun Polri selama ini tidak terganggu. Polri bertekad dan konsisten dengan dirinya sendiri dan tidak membiarkan adanya "aksi lompat pagar" dalam penempatan jabatan.

Ia menambahkan dengan demikian jajaran kepolisian maupun masyarakat percaya pada sistem kaderisasi di Polri.  Jika "aksi lompat pagar" dibiarkan terjadi di Polri,maka kader kader kepolisian akan frustrasi dan mereka akan hilang harapan karena sistem kaderisasi tidak punya kejelasan. "Sebab wakapolri adalah jabatan karir paling tinggi di kepolisian, sedangkan jabatan kapolri lebih bersifat politis dan menjadi hak prerogatif presiden," katanya.

Sehingga perwira tinggi yang berhak ikut dipilih dalam Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) adalah perwira tinggi yang berpangkat komjen, meski kemudian penentuan finalnya tetap Kapolri yang memutuskan.

"Sistem urut kacang yang tentunya mempertimbangkan kualitas, kapasitas dan kapabilitas para calon ini akan lebih menghargai institusi ketimbang membiarkan adanya "aksi lompat pagar" dalam penunjukkan jabatan wakapolri," katanya.

Jika Kabareskrim Ari Dono dipilih jadi Wakapolri, ini sama seperti era Komjen Makbul Padmanegara yang dari kabareskrim menjadi wakapolri. Ari Dono sendiri sudah cukup lama bertugas di lingkungan elit Mabes Polri.

Dimulai dari Wakabareskrim dan Kabareskrim, sehingga sangat memahami dinamika yang terjadi di tataran elit kepolisian dan pemilihannya sebagai Wakapolri adalah solusi yang tepat di tengah panasnya tarik menarik proses pemilihan Wakapolri.

"Dengan naiknya Ari Dono dipastikan Kapolda Metro Idham Azis akan menjadi Kabareskrim menggantikan posisi yang ditinggalkan Ari Dono. Sekarang yang jadi pertanyaan siapa yang akan menggantikan Idham sebagai Kapolda metro? Apakah Kakorbrimob Rudi bersedia," paparnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian akan melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Ari Dono Sukmanto menggantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Wakapolri pada hari ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.