Ini Janji Presiden Jokowi Terkait Masalah Inflasi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 08:26 WIB

Presiden Jokowi dan Ketua DPR (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Ketua DPR (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo berjanji akan berupaya menjaga inflasi pada rentang 3,5 persen plus/minus 1 persen mulai 2019.

"Pada 2019, Pemerintah akan berupaya menjaga inflasi pada rentang 3,5 persen plus/minus 1 persen," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019 beserta Nota Keuangannya di depan Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018)

Karena itu, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan inklusif, kata dia, pertumbuhan konsumsi rumah tangga perlu dijaga, dan investasi serta ekspor perlu didorong untuk ditingkatkan.

Menurut Presiden, tingkat inflasi yang rendah tidak hanya mendorong perekonomian domestik menjadi lebih efisien dan berdaya saing, tetapi juga menjamin kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

"Pengendalian inflasi dilakukan dengan menjaga ketersediaan pasokan barang dan jasa, khususnya pangan, melalui peningkatan kapasitas produksi nasional dan efisiensi di sepanjang rantai pasokan," kata Mantan Gubernur DKI itu.

Di sisi lain, ia berpendapat, daya beli masyarakat harus terus dijaga dengan berbagai program perlindungan sosial, terutama untuk masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah.

Pemerintah menyadari bahwa pada 2019 masih banyak faktor yang akan menjadi tantangan dalam menjaga stabilitas dan pergerakan nilai tukar rupiah, baik dari faktor dinamika ekonomi negara maju, termasuk normalisasi kebijakan moneter di Amerika Serikat dan Eropa, serta perkembangan ekonomi Tiongkok.

"Perlu kita sadari bersama bahwa tantangan ini tidak hanya dialami oleh rupiah, tetapi juga oleh banyak mata uang global. Nilai tukar rupiah pada 2019 diperkirakan berada di kisaran Rp14.400 per dolar Amerika Serikat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Semen Gresik (ist)

Senin, 19 November 2018 - 08:30 WIB

Harga Semen Pascagempa Palu, Dipastikan Aman Terkendali

Distributor dan pengecer di Palu, Sulawesi Tengah sepakat mengamankan stok dan harga semen di pasaran pascagempabumi, tsunami dan likuifaksi 28 September 2018 yang dinilai berdampak besar terhadap…

ASUS ZenBook Pro 15 UX580

Senin, 19 November 2018 - 08:30 WIB

Inilah ASUS ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Inovatif dengan Dua Layar Pertama di Dunia

Hadir dengan fitur ScreenPad, spesifikasi premium dan layar 4K dengan reproduksi warna sangat akurat

Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali (Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 08:21 WIB

Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali Mempersembahkan Acara Liburan Akhir Tahun Menyenangkan

Musim liburan ini, Mvenpick Resort & Spa Jimbaran Bali mengundang para tamu untuk berkumpul bersama dengan kerabat dan orang-orang tercinta untuk menikmati serangkaian kegiatan meriah yang menyenangkan,…

Jalan perbatasan lintas papua

Senin, 19 November 2018 - 07:55 WIB

Kementerian PUPR Akan Mulai Pembangunan PLBN Sota Merauke Pada Awal 2019

Selain percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga memiliki tugas utama lainnya dalam melaksanakan pembangunan Pos Lintas Batas…

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meninjau proyek pembangunan jalur ganda Maja- Rangkas Bitung di stasiun Citeras, Lebak, Banten Minggu (18/11/2018).

Senin, 19 November 2018 - 07:54 WIB

Citra Maja Raya Bakal Bangun Shelter Komuter di Dalam Kawasan

PT Ciputra Residence selaku pengembang hunian terpadu Citra Raya Maja dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) kini akan dilalui rel double track Maja- Rangkas Bitung.Dimana, sebelumnya…