Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.
Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Ketua Umum Association of The Indonesian Tours and  Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar mengatakan, hingga Juni, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 7,9 juta wisatawan.

"Ajang Asian Games ini akan ada menambah 500.000 wisman yang hadir untuk menonton pertandingan baik di Jakarta, Jawa Barat, maupun Palembang dan sekaligus berwisata ke Indonesia," ujarnya, kemarin.

Menurutnya,  untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisman pada tahun ini, dibutuhkan tambahan sejumlah 9,7 juta wisman sepanjang Juli—Desember 2018. Adapun, rerata kunjungan per bulan ditaksir mencapai 1,5 juta wisman (tanpa memperhitungkan adanya pergelaran internasional).

"Nanti ketika Asian Games akan ada tambahan 500.000 kunjungan wisman. Belum lagi kunjungan wisman dari rapat tahunan IMF/World Bank. Sehingga, nantinya kami yakin bisa capai target kunjungan wisman atau paling tidak memperkecil defisit hingga akhir tahun."

Saat ini, para anggota Asita telah mempersiapkan sejumlah paket destinasi wisata untuk menggaet para wisman yang hadir menonton perhelatan Asian Games. Salah satu fokusnya adalah promosi wisata untuk menjadikan Palembang sebagai destinasi sports tourism.

Terpisah, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedi juga optimistis perhelatan Asian Games akan menyumbang 300.000—500.000 kunjungan wisman Indonesia.

"Momentum ini harus dimanfaatkan untuk promosi destinasi wisata Indonesia, agar nantinya para atlet maupun wisatawan lainnya kembali lagi datang berkunjung ke Indonesia," ucapnya.

Dia berpendapat, upaya promosi itu dibutuhkan untuk bisa menarik minat wisman yang datang berkunjung saat Asian Games agar mau melakukan belanja sehingga berkontribusi pada perolehan devisa.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkirakan terdapat 170.000 wisman yang datang ke Indonesia dalam perhelatan Asian Games.

Angka sebanyak 170.000 wisman tersebut terdiri atas 10.000 penonton, 5.000 panitia, 5.000 media dan 150.000 penonton mancanegara. "Asian Games ini menjadi momentum yang tepat sebagai ajang promosi destinasi wisata," katanya.

Dia memproyeksi, 170.000 wisman yang datang ke Indonesia itu akan terfokus ke wilayah Jakarta, Bandung, dan Palembang. Adapun, potensi nilai devisa yang diperoleh dari para wisman tersebut ditaksir mencapai Rp3 triliun.

Berdasarkan data Inasgoc, Asian Games akan diikuti 45 negara dengan jumlah 15.000 atlet dan panitia, 5000 media, 30.000 sukarelawan dan pekerja, serta akan ditonton 5 miliar pemirsa dari seluruh penjuru dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Rabu, 26 September 2018 - 20:24 WIB

Rumah Tahan Gempa Risha Dibanderol Mulai 27 Juta Untuk Tahap Pembuatan Awal

Risha merupakan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun secara instan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya dan telah teruji tahan gempa hingga 8 Skala Richter…

Ilustrasi narapidana. (Foto: IST)

Rabu, 26 September 2018 - 20:00 WIB

Diduga Sebar Hoax, AKBI Laporkan Oknum Pemred ke Polisi

Direktur Utama PT Anugerah Kasih Bumi Indah (AKBI), Bryan Susilo menyampaikan, pihaknya telah melaporkan beberapa orang yang diduga oknum penyebar isu negatif dan oknum ex customer yang membuat…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d

Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Sejalan dengan visinya sebagai everyday superapp,Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan…

Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Rabu, 26 September 2018 - 18:41 WIB

Gelar Fun Run, Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Dalam rangka memeriahkan hari olahraga nasional, disbudpora, Kabupaten Bekasi didukung oleh PT. Graha Buana Cikarang, PT Jababeka, Tbk, danĀ Bekasi Industrial TourismĀ (BIT), Kodim Kab. Bekasi,…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 18:00 WIB

PLN Babel Targetkan Pelanggan Industri Tumbuh 12 Persen

PLN Area Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan pertumbuhan pelanggan industri pada 2018 sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.