Seperti Bandara, Masuk Pelabuhan Bakal Lewati X-ray

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 16 Agustus 2018 - 13:57 WIB

Pelabuhan Niaga Kendal
Pelabuhan Niaga Kendal

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan bakal meningkatkan sistem pengamanan penumpang dan barang di pelabuhan dan transportasi laut. Hal ini agar setara dengan bandara dan stasiun kereta api untuk meningkatkan kelayakan angkutan orang dan barang.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo menyebutkan realisasinya akan dimulai dengan peningkatan teknologi terlebih dulu seperti misalnya penggunaan x-ray dan ticketing online.

"Gak usah berteori terlalu canggih. Jadi seluruh pelabuhan kita itu ikuti bagaimana bandara dan stasiun," kata Agus di kantor Pelni

Penerapannya diterapkan pada pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo seperti di Banten dan Tanjung Priok dan kapal-kapal yang dioperatori oleh Pelni terlebih dulu.

"Jadi pelabuhan-pelabuhan di mana itu kita terapkan harus steril ada xray ada tiket online. Misalnya di Merak dulu. Bakaheuni jangan dulu. Pelan pelan saja," ungkap Agus.

Kemenhub akan berkonsilidasi terlebih dulu dengan operator kapal dan pelabuhan untuk rencana tersebut, kemudian soal dana akan dioptimalkan untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau mereka gak ada duit ya pakai duit negara, nanti kami siapkan," kata Agus

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 06:00 WIB

Ingin Indonesia Sejahtera, 300 Purnawirawan Jenderal Dukung Prabowo-Sandiaga

Sebanyak 300 purnawirawan jenderal memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Pemilihan Presiden 2019.