Seperti Bandara, Masuk Pelabuhan Bakal Lewati X-ray

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 16 Agustus 2018 - 13:57 WIB

Pelabuhan Niaga Kendal
Pelabuhan Niaga Kendal

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan bakal meningkatkan sistem pengamanan penumpang dan barang di pelabuhan dan transportasi laut. Hal ini agar setara dengan bandara dan stasiun kereta api untuk meningkatkan kelayakan angkutan orang dan barang.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo menyebutkan realisasinya akan dimulai dengan peningkatan teknologi terlebih dulu seperti misalnya penggunaan x-ray dan ticketing online.

"Gak usah berteori terlalu canggih. Jadi seluruh pelabuhan kita itu ikuti bagaimana bandara dan stasiun," kata Agus di kantor Pelni

Penerapannya diterapkan pada pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo seperti di Banten dan Tanjung Priok dan kapal-kapal yang dioperatori oleh Pelni terlebih dulu.

"Jadi pelabuhan-pelabuhan di mana itu kita terapkan harus steril ada xray ada tiket online. Misalnya di Merak dulu. Bakaheuni jangan dulu. Pelan pelan saja," ungkap Agus.

Kemenhub akan berkonsilidasi terlebih dulu dengan operator kapal dan pelabuhan untuk rencana tersebut, kemudian soal dana akan dioptimalkan untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau mereka gak ada duit ya pakai duit negara, nanti kami siapkan," kata Agus

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…

Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:17 WIB

Wujudkan Resolusi Hidup Sehat, Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019

Mengawali 2019, untuk pertama kalinya PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menggelar kompetisi lari untuk menggalang donasi bertajuk Sun Life Resolution Run 2019 yang akan digelar pada…