Seperti Bandara, Masuk Pelabuhan Bakal Lewati X-ray

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 16 Agustus 2018 - 13:57 WIB

Pelabuhan Niaga Kendal
Pelabuhan Niaga Kendal

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan bakal meningkatkan sistem pengamanan penumpang dan barang di pelabuhan dan transportasi laut. Hal ini agar setara dengan bandara dan stasiun kereta api untuk meningkatkan kelayakan angkutan orang dan barang.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo menyebutkan realisasinya akan dimulai dengan peningkatan teknologi terlebih dulu seperti misalnya penggunaan x-ray dan ticketing online.

"Gak usah berteori terlalu canggih. Jadi seluruh pelabuhan kita itu ikuti bagaimana bandara dan stasiun," kata Agus di kantor Pelni

Penerapannya diterapkan pada pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo seperti di Banten dan Tanjung Priok dan kapal-kapal yang dioperatori oleh Pelni terlebih dulu.

"Jadi pelabuhan-pelabuhan di mana itu kita terapkan harus steril ada xray ada tiket online. Misalnya di Merak dulu. Bakaheuni jangan dulu. Pelan pelan saja," ungkap Agus.

Kemenhub akan berkonsilidasi terlebih dulu dengan operator kapal dan pelabuhan untuk rencana tersebut, kemudian soal dana akan dioptimalkan untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau mereka gak ada duit ya pakai duit negara, nanti kami siapkan," kata Agus

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:36 WIB

Industri Daur Ulang Jadi Jalan Keluar Atasi Masalah Sampah Plastik

Ketua Umum Asosisasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim, mengungkapkan, daur ulang adalah solusi jitu dalam mengatasi sampah botol plastik.

Pelayanan di kantor Bank DKI

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:34 WIB

2018, Kredit Bank DKI Tumbuh 27,9 Persen

Jakarta - Menutup tahun 2018, kinerja keuangan Bank DKI menunjukkan tren yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit yang cukup tinggi sebesar 27,9%, dari semula sebesar…

Peresmian Kerjasama Proyek KPBU

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:24 WIB

Pemerintah Dorong Skema KPBU Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

MoU BNI Syariah dengan Universitas Juanda Bogor

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:45 WIB

BNI Syariah Gandeng Unida Terkait Produk dan Jasa Perbankan

Jakarta - BNI Syariah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Juanda Bogor (Unida). Nota kesepahaman ini terkait dengan pemanfaatan…

Pengurus KTNA

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:23 WIB

KTNA: Bertani Kini Lebih Mudah dan Menguntungkan

Jakarta - Menjalani aktifitas pertanian kini lebih mudah dan menguntungkan. Kementerian Pertanian sudah tepat sasaran dalam membantu petani.