Tingkatkan Ekspor, API Teken MoU Dengan Suplier Kapas Amerika

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Agustus 2018 - 08:40 WIB

Ketua Umum API Ade Sudrajat saar melakukan penandatanganan MoU dengan Suplier Kapas Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)
Ketua Umum API Ade Sudrajat saar melakukan penandatanganan MoU dengan Suplier Kapas Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) secara resmi melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan suplier kapas terbesar di Amerika Serikat (AS).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum API Ade Sudrajat saat berkunjung ke Washington, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Ade menjelaskan, dalam perjanjian tersebut nantinya seluruh Pusat Logistik Berikat (PLB) yang ada di Indonesia akan diisi oleh kapas dari AS.

"Nantinya, garmen buatan Indonesia dengan memakai kapas AS akan dipertimbangkan untuk dapat kemudahan masuk pasar Amerika," katanya saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menurutnya, dalam MoU tersebut kita menyandarkan hubungan dagang antara Indonesia dengan AS atas dasar saling menguntungkan.

"Yang penting baik volume maupun value tetap naik," terang Ade.

Berdasarkan catatan API, ekspor tektil Indonesia ke Amerika cenderung mengalami penurunan. Tahun 2015 mencapai USD 5.181 miliar, tahun 2016 turun menjadi USD 4.961 miliar, dan tahun 2017 kembali turun menjadi USD 4.786 miliar.

Ade menyakini dengan adanya MoU tersebut dapat meningkatkan hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Amerika.

"Dengan adanya MoU tersebut, saya berharap industri TPT nasional akan lebih maju, utamanya mendapatkan kapas yang mempunyai kualitas baik dengan harga yang kompetitif," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:05 WIB

Terkait BP Batam, Menperin: Keputusannya Single Otoriti di Pemda

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto turut mengomentari perihal pembubaran BP Batam.

Deputi Gubernur BI kiri dan Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:51 WIB

BNI Syariah Hadir Dalam Perhelatan International ISEF Surabaya

Surabaya - BNI Syariah kembali mendukung Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 yang digagas oleh Bank Indonesia untuk kelima kalinya.

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Franciscus Welirang (Foto: Kadin Indonesia)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:50 WIB

Kadin Nilai Tapioka dan Mocaf Bisa Dukung Ketahanan Pangan

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Franciscus Welirang mengatakan, Indonesia adalah negara yang telah dikarunia dengan kekayaan umbi-umbian,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menyerahkan oenghargaan kepada pemenang di acara 'Semarak Festival IKM 2018' (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:15 WIB

Gelar Semarak Festival IKM 2018, Kemenperin Dongkrak Semangat IKM Songsong Era Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menyelenggarakan 'Semarak Festival IKM 2018'. Acara ini dilaksanakan dalam rangka tugas dan…

Sunarso Dorong Pembangunan Industri Pertanian 4.0 Visioner & Terintegratif

Kamis, 13 Desember 2018 - 12:46 WIB

Usung Sembilan Konsep, Sunarso Dorong Pembangunan Industri Pertanian 4.0 Visioner & Terintegratif

Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Sunarso mengusung sembilan konsep pembangunan pertanian visioner dan integratif di era industri pertanian 4.0 dan mengimbau kalangan…