Industri Mamin Mampu Mendorong Pemerataan dan Kesejahteraan Nasional

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Februari 2017 - 11:04 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementrian perindustrian menegaskan saat ini Industri makanan dan minuman (mamin) mampu menjadi instrumen yang berperan mendorong pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sektor mamin skala besar diharapkan memperkuat pendalaman struktur dan rantai nilai industrinya melalui kemitraan strategis dengan sektor skala kecil dan menengah.

"Selain makin menguatkan struktur industrinya, akan didorong penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Menurutnya, potensi industri mamin dalam negeri cukup besar dan pertumbuhannya hampir dua kali dari pertumbuhan ekonomi nasional.

"Rata-rata per tahun, industri mamin tumbuh 9,5%, sedangkan ekonomi hanya tumbuh 5%. Industri mamin juga memiliki daya saing kuat dan pemainnya beragam," ujar Menperin.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan pertumbuhan dan struktur industri mamin nasional pihaknya mendorong agar sektor prioritas ini ikut berperan mendukung program pemerintah dalam pendidikan dan pelatihan vokasi industri.

"Pengembangan industri di Indonesia harus didorong oleh SDM yang andal dan kompeten. Dalam upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, pelaku industri mamin harus mengembangkan kemitraan dengan Sekolah Menengah Kejuruan di sekitar lokasi pabrik agar meningkatkan kompetensi para siswa/siswi SMK tersebut dan diharapkan, satu industri dapat menggaet lima siswa atau siswi SMK," tutur Airlangga.

Airlangga menegaskan, industri mamin nasional memiliki potensi untuk naik tingkat ke industry 4.0. Dengan naik level, industri mamin dalam negeri dapat mengembangkan inovasi dan teknologi terbaru melalui kemitraan dengan industri mamin di negara-negara maju.

"Salah satu industri mamin di Jawa Timur sudah ada yang menerapkan Industry 4.0. Dengan memanfaatkan teknologi di Industry 4.0, seperti robotic, big data dan 3D printing, dapat menurunkan biaya produksi," pungkas Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…

Inneke Koesherawati, artis (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:14 WIB

KPK Segera Jelaskan Keterlibatan Inneke Koesherawati Saat OTT di Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin…