BKPM Catat Investasi Asing Triwulan II/2018 Turun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Agustus 2018 - 15:30 WIB

Thomas Lembong
Thomas Lembong

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi asing atau penanaman modal asing (PMA) pada triwulan kedua 2018 mencapai Rp95,7 triliun, turun 12,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp109,9 triliun.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong dalam paparan di Jakarta, Selasa (13/8/2018)  mengakui perlambatan realisasi investasi di triwulan kedua 2018 terjadi karena adanya penundaan proyek.

"Angka triwulan per triwulan itu sangat terpengaruh oleh penundaan. Jadi banyak proyek bisa ditunda meski tidak batal," katanya.

Ia meyakini penundaan proyek realisasi investasi juga disebabkan oleh ketidakpastian global yang terjadi.

Sikap "wait and see" para investor, ditambah perkembangan tahun politik serta gejolak rupiah dan pasar modal juga diyakini menjadi penyebab banyaknya proyek investasi tertunda.

"Tapi saya cukup yakin, penundaan ini tidak ada rencana pembatalan, hanya menunda sehingga berdampak signifikan terhadap angka triwulanan," katanya.

Mantan Menteri Perdagangan itu menambahkan, pihaknya mendukung langkah Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga dan memperketat likuiditas guna menstabilkan nilai tukar rupiah.

Menurut Tom, sapaan akrabnya, selama investor belum yakin rupiah telah stabil, kecenderungan untuk menunggu dan menunda investasi masih tinggi.

"Makanya stabilitas rupiah ini penting untuk sentimen investasi dan kepercayaan pasar," tuturnya.

Dalam catatan BKPM, realisasi investasi pada triwulan kedua 2018 sebesar Rp176,3 triliun menurun 4,9 persen dari triwulan pertama 2018 sebesar Rp185,3 triliun atau meningkat 3,1 persen dari triwulan kedua 2017 sebesar Rp170,9 triliun.

Realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai sebesar Rp80,6 triliun, naik 32,1 persen dari Rp61,0 triliun pada periode yang sama tahun 2017. Sementara itu penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp95,7 triliun, turun 12,9 persen dari Rp109,9 triliun pada periode yang sama tahun 2017.

Sementara secara kumulatif Januari-Juni 2018 realisasi investasi mencapai Rp361,6 triliun, meningkat 7,4 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp336,7 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.