Varietas Jagung Nasa Terbuti Sanggup Berbuah 11Ton/Ha

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Agustus 2018 - 11:23 WIB

Tanaman jagung
Tanaman jagung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Varietas jagung Nasa 29 yang diberi nama demikian oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu terbukti mampu berproduksi hingga 11 ton per hektare saat dibudidayakan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Bupati Kabupaten Sigi Muhammad Irwan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa,  (14/8/2018) mengatakan Sigi mampu mendongkrak produksi jagung hingga 11 ton per hektare.

"Kami baru saja melakukan Panen Raya Jagung NASA 29 dan Temu Lapang di Desa Kalawara, Desa Bombasa, Kabupaten Sigi, Sulteng pada 8 Agustus 2018. Jagung ini menandai sukses kami dalam meningkatkan produksi," katanya.

Menurut Irwan, sukses tersebut berkat dukungan Kementan melalui program Upsus Pajala.

"Mulai saat ini jagung menjadi salah satu prioritas pembangunan pertanian di Sigi sehingga jenis varietas dan teknologi yang digunakan bisa terus dikawal pemerintah," kata Irwan.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan Mat Syukur, mengatakan sukses tersebut idealnya mendorong luas penambahan lahan tanam jagung sebagaimana lahan untuk padi yang juga bertambah .

"Saya berharap LTT jagung juga meningkat," ujar Mat Syukur.

Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Dedi Nursyamsi sekaligus penanggungjawab Upsus Propinsi Sulteng mengatakan wilayah Sigi sesuai untuk pengembangan jagung.

"Jagung memerlukan curah hujan sekitar 100-150 mm per bulan," ujar Dedi.

Pada wilayah yang terlalu basah, jagung rentan jamur aflatoksin dan penyakit busuk tongkol. Sebaliknya bila terlalu kering, jagung dapat kekeringan sehingga produksinya rendah.

Varietas NASA 29 sendiri yang diberi nama oleh Presiden Jokowi mempunyai potensi hasil 12,5 ton per hektare.

Varietas ini bertongkol ganda sekitar 80 persen dari populasinya dan presentase ini meningkat dengan meningkatnya ketinggian lahan.

Faktor inilah yang menyababkan produktivitas NASA 29 tinggi.

Menurut Direktur Institut Agroekologi Indonesia (INAgri), Syahroni, produktivitas jagung yang tinggi hasil karya anak bangsa memang harus diapresiasi.

"Cara apresiasinya dengan menyebarkan untuk masyarakat luas," kata Syahroni.

Benih produksi lokal juga dapat mengurangi Indonesia dari ketergantungan impor benih. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…