Telkomsel Terapkan 5G di AG, Bukti Indonesia Mampu Hadirkan Teknologi Telekomunikasi Terkini

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 14 Agustus 2018 - 06:37 WIB

PT Telkomsel (Foto Rizki Meirino)
PT Telkomsel (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Telkomsel, operator telekomunikasi terbesar dan ternama di Indonesia, selalu menggembangkan layanan kepada masyarakat. Salah satu layanan yang tengah diuji coba serta diperkenalkan Telkomsel pada perhelatan Asian Games 2018 adalah 5G.

Dengan diperkenalkannya layanan 5G di Telkomsel 5G Experience Center pada ajang Asian Games 2018, maka hal itu membuktikan bahwa Telkomsel adalah operator telekomunikasi pertama dan satu-satunya yang mampu menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia.

Adapun peresmiannya 5G Telkomsel 5G Experience Center ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Sebagai operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Telkomsel akan selalu menghadirkan layanan telekomunikasi terkini yang nantinya akan menjadi trend teknologi telekomunikasi di masa depan,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, di Jakarta, Senin (13/08/2018).

Melalui teknologi 5G, demikian Ririek, Telkomsel berharap dapat mendukung kemajuan bangsa dengan menghadirkan teknologi revolusioner yang dapat merubah cara hidup masyarakat sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara nyata. Sehingga dengan produktivitas dan efisiensi tersebut dapat mendukung perekonomian nasional.

“Bagi masyarakat yang ingin merasakan kecanggihan layanan 5G dapat datang ke Telkomsel 5G Experience Center yang ada di perhelatan Asian Games 2018 di  Gelora Bung Karno – Senayan, Jakarta. Masyarakat dapat merasakan langsung penerapan teknologi revolusioner melalui berbagai perangkat yang dilengkapi dengan teknologi 5G seperti Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere dan Autonomous Bus,” papar Ririek.

Ririek berharap seluruh perangkat yang terdapat pada ‘Telkomsel 5G Experience Center’ dapat mengedukasi pengunjung secara langsung mengenai manfaat dan keunggulan dari teknologi 5G di masa depan seperti high speed data rate, lower latency, geo-tagging, dan autonomous driving.

Sementara itu Edward Ying Siew Heng, Direktur Planning and Transformation Telkomsel, mengungkapkan, dengan layanan 5G ini masyarakat dapat merasakan cepatnya akses mobile internet dengan latency kurang 1ms.

Dengan kecepatan yang tinggi dan latency kurang 1ms, Edward optimistisw layanan 5G dapat memberikan manfaat yang lebih besar tak hanya bagi industri telekomunikasi saja, tapi juga bagi industri lainnya seperti kedokteran, pemerintahan, IOT dan lifestyle.

“Dengan kehadiran layanan 5G, Telkomsel berharap dapat mendukung program industri 4.0. Dengan Telkomsel yang melakukan uji coba layanan 5G di Asian Games 2018, maka hal itu membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sudah siap menerima dan memanfaatkan teknologi terkini di industri telekomunikasi,” tutur Edward.

Untuk mendukung terwujudnya layanan 5G di Asian Games 2018, Telkomsel membangun BTS 5G Indoor dan Outdoor dengan menggunakan spektrum 28Ghz yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 16 Gigabyte per detik (Gbps), low latency hingga 1ms, kecepatan dan kapasitas yang lebih besar dan melesat dari generasi sebelumnya. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…