Peta Kekuatan Olahraga Dirgantara di Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Agustus 2018 - 20:30 WIB

Ike Ayu Wulandari, jelang lepas landas saat Pelatnas Paralayang jelang Asian Games XVIII 2018, di Gunung Mas Bogor (FOTOGRAFI: HUMAS PB FASI/TAGOR SIAGIAN)
Ike Ayu Wulandari, jelang lepas landas saat Pelatnas Paralayang jelang Asian Games XVIII 2018, di Gunung Mas Bogor (FOTOGRAFI: HUMAS PB FASI/TAGOR SIAGIAN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Peta kekuatan cabor Paralayang di Asia tak berubah sejak 2011. Di nomor Ketepatan Mendarat, pesaing Indonesia tetap Thailand dan Korea Selatan. Pada Seri 3 PGAWC 2018, 13-15 Juli lalu di Gunung Banyak, Batu, Malang, Jawa Timur, Thailand berhasil merebut medali emas seluruh kelas; Umum, Putri dan Beregu. Pilot senior putrinya, Nunnapat “Bebie” Phuchong tetap bakal menjadi pesaing berat Rika Wijayanti, Juara Dunia Seri PGAWC 2017.

Nunnapat adalah Juara Dunia bertahan Kelas Putri WPAC (Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang Antar Negara/World Paragliding Accuracy Championship) 2015 dan 2017. Pada WPAC 2017 di Albania, Rika mendapat perunggu. Thailand kini dilatih Andhika Munir, asal Indonesia. Adalah Munir yang mengembangkan Paralayang di Thailand jelang SEA Games 2011, agar syarat peserta minimal 4 negara tiap cabor terpenuhi.

Menurut Gendon Subandono, Pelatih Kepala Pelatnas Paralayang, pada Tagor Siagian, Humas PB FASI, khususnya tentang kesiapan atlit di nomor KTM, “Anak-anak mentalnya sudah sangat kuat, tinggal bagaimana mereka mensiasati kondisi angin jika tiba-tiba berubah jelang mendarat. Paralayang kan olahraga dinamis, tidak ada yang pasti. Jika di takeoff angin lembut dari arah depan, bisa-bisa di landing angin kencang dari samping!”

Gendon yang ikut mengembangkan olahraga Paralayang di Indonesia pada pertengahan ‘80an, mengakui penyelesaian akhir berupa teknik pijakan saat mendarat para pilot perlu diperbaiki. “Agar lebih tepat di titik nol. Bisa saja menginjak pad seperti pilot lain, namun mereka lebih tepat,” jelasnya. Pad adalah bantalan elektronik bergaris tengah 17 cm, terhubung langsung ke papan nilai. Sehingga jika ingin mendapat nilai sempurna 00,00, maka harus menginjaknya tepat di tengah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…