Dipilihnya Cawapres Maruf Amin Bisa Meredam Isu Identitas

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Presiden Jokowi-Ketua MUI Maruf Amin (foto Dok Industry.coid)
Presiden Jokowi-Ketua MUI Maruf Amin (foto Dok Industry.coid)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Pengamat Politik Islam UIN Syarif Hidayatullah yakni Zaki Mubarak mengatakan, dipilihnya Prof Dr KH Ma'ruf Amin sebagai Calon Wakil Presiden Joko Widodo diyakini mampu meredam isu identitas yang selama ini ramai.

Dikatakannya, terpilihnya Prof Dr KH Ma'ruf Amin lebih mencerminkan aspirasi dan kepentingan sejumlah elite Parpol koalisi pendukung Joko Widodo meski membuat kaget aspirasi akar rumput pendukung partai itu.

 Tetapi, dengan keberadaan Prof Dr KH Ma'ruf Amin di posisi Calon Wakil Presiden saat ini, bisa "mengerem" isu identitas. "Sebab, Ma'ruf Amin adalah sosok yang dihormati di kalangan ulama," katanya di Tangerang, Minggu (12/8/2018)

Zaki seperti dilansir Antara menambahkan, basis massa Nahdlatul Ulama merupakan basis yang sangat gembira menyambut terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai Cawapres. Begitu juga dengan parpol koalisi yang telah bulat mendukung Joko Widodo akan ikut dari keputusan yang ada.

Dukungan dari basis pemilih Nahdliyin tentu akan all out. Apalagi dengan berkaca pada hasil Pilpres tahun 2014 lalu. Lumbung suara Joko Widodo ada pada warga Nahdliyin.

Namun dengan proses demokrasi yang sekarang ini berbeda dari sebelumnya maka diperlukan strategi khusus lainnya dalam menarik simpatik warga.

 Joko Widodo harus kerja keras untuk bisa memperluas market pilihannya dan tak bisa mengandalkan hasil yang lalu.

Sebab, dari hasil proses pemilihan Cawapres pun sempat ada perubahan secara mendadak dengan memilih Mahfud MD sebelumnya. "Jika mau, maka Jokowi bisa mengajak Mahfud MD bergabung," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.