Pertumbuhan Industri Nasional Melambat pada Triwulan II-2018

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 12:10 WIB

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Institute For Development of Economics and Finance (Indef) menilai pertumbuhan industri nasional pada triwulan II-2018 mengalami perlambatan jika dibandingkan triwulan I-2018.

Namun, pertumbuhan industri nasional mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan II tahun sebelumnya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Peneliti Indef Ahmad Heri Firdaus saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Menurut Heri, industri nonmigas tumbuh ditengah berbagai tantangan dan gejolak domestik maupun global, sehingga pertumbuhannya kurang optimal dan masih di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Peranan industri terhadap PBD pun semakin kecil," kata Heri. 

Ditambahkan Heri, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan industri banyak bersumber dari sektor lain, seperti perdagangan, pertanian, lingkungan, energi, keuangan, tenaga kerja dan infrastruktur atau logistik.

"Oleh sebab itu semua faktor-faktor tersebut harus kondusif dan mendukung industri. Industri penting untuk didukung karena peranannya yang sangat besar bagi perekonomian nasional," terang Heri. 

Untuk mengatasi perlambatan pertumbuhan industri nasional, Indef menghimbau kepada setiap instansi yang terkait dengan investasi baik di pusat maupun daerah harus bersinergi dalam mengundang investor yang export oriented. 

"Permurah biaya logistik, dukungan finansial seperti modal murah untuk industri. Kepastian bahan baku, energi, produktivias Tenaga kerja. Itu penting untuk dilakukan," tutur Heri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acha Septriasa dan Jajang C Noer dalam film "Jaga Pocong"

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:25 WIB

Film Jaga Pocong Ramaikan Tren Film Horor Indonesia

Dunia perfilman Indonesia saat ini memang tengah dilanda demam film horor. Hampir tiap minggu, terutama hari Kamis sebagai hari edar perdana film baru, selalu saja ada film bergenre horor yang…

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:50 WIB

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia di Grand Final PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018

Tencent Games, Developer Game ternama di dunia, menghadirkan Grand Final PUBG mobile Indonesia National Championship (PINC) 2018. Grand Final yang diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari pemenang…

Rusun Ponpes Cipasung, Tasikmalaya

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:39 WIB

Kementerian PUPR Bangun 27 Rusun Ponpes di Jawa Barat Tahun 2018

Dengan adanya Rusun diharapkan mendukung Ponpes dalam menghasilkan santri yang religius, nasionalis dan berakhlakul karimah

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:30 WIB

BPR Terlu Waspadai Marak Tumbuhnya Fintech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mewaspadai gempuran "financial technology" atau teknologi finansial yang saat ini mulai merambah di pedesaan.

Asuransi Ilustrasi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:15 WIB

Masyarakat Tak Perlu Ragukan Asuransi Syariah

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis meminta masyarakat muslim tidak ragu menggunakan produk asuransi syariah.