Pertumbuhan Industri Nasional Melambat pada Triwulan II-2018

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 12:10 WIB

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Institute For Development of Economics and Finance (Indef) menilai pertumbuhan industri nasional pada triwulan II-2018 mengalami perlambatan jika dibandingkan triwulan I-2018.

Namun, pertumbuhan industri nasional mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan II tahun sebelumnya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Peneliti Indef Ahmad Heri Firdaus saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Menurut Heri, industri nonmigas tumbuh ditengah berbagai tantangan dan gejolak domestik maupun global, sehingga pertumbuhannya kurang optimal dan masih di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Peranan industri terhadap PBD pun semakin kecil," kata Heri. 

Ditambahkan Heri, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan industri banyak bersumber dari sektor lain, seperti perdagangan, pertanian, lingkungan, energi, keuangan, tenaga kerja dan infrastruktur atau logistik.

"Oleh sebab itu semua faktor-faktor tersebut harus kondusif dan mendukung industri. Industri penting untuk didukung karena peranannya yang sangat besar bagi perekonomian nasional," terang Heri. 

Untuk mengatasi perlambatan pertumbuhan industri nasional, Indef menghimbau kepada setiap instansi yang terkait dengan investasi baik di pusat maupun daerah harus bersinergi dalam mengundang investor yang export oriented. 

"Permurah biaya logistik, dukungan finansial seperti modal murah untuk industri. Kepastian bahan baku, energi, produktivias Tenaga kerja. Itu penting untuk dilakukan," tutur Heri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.