Gempa Lombok, Kementerian PUPR Fungsikan 15 Sumur Bor dan Pompa Air Tanah Sebagai Sumber Air Bersih

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 11:43 WIB

Kementerian PUPR Fungsikan 15 Sumur Bor dan Pompa Air Tanah
Kementerian PUPR Fungsikan 15 Sumur Bor dan Pompa Air Tanah

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebanyak 15 sumur bor dan pompa air tanah (PAT) dengan kapasitas 15 - 20 liter/detik yang tersebar di sembilan desa di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat berfungsi sebagai sumber air bersih para pengungsi korban gempa bumi di Pulau Lombok. 

Sumur bor dan PAT tersebut pada kondisi normal merupakan sumber air baku warga dan ternak, khususnya saat musim kemarau.
 
Dalam masa tanggap darurat saat ini, melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 - Ditjen Sumber Daya Air, sumur dan PAT digunakan sebagai sumber air bersih bagi penduduk di Lombok Timur, seperti di Desa Belanting dan Darakunci. 

Di Lombok Utara digunakan bagi warga terdampak di Desa Pemenang, Sokong, Semboro, Gagelang, Rempek, Mumbul Sari, Akar-akar, Sukadana, Kantor Bupati Lombok Utara dan Rumah Sakit Tanjung. 

Distribusi air bersih bagi desa-desa lainnya dilakukan petugas Kementerian PUPR  dengan menggunakan mobil tangki air (MTA) maupun penyambungan ke jaringan pipa PDAM eksisting. 

Terdapat 13 MTA dengan sebaran wilayah operasi : 6 MTA melayani 4 Kecamatan di Lombok Utara yakni Bayan, Tanjung, Gangga dan Pemenang Barat dan 1 unit MTA melayani Kecamatan Sambelia. Sebanyak 6 unit MTA lainnya melayani Kecamatan Sembalun di Lombok Timur. Kendala dalam pendistribusian air yakni jumlah dan lokasi desa yang tersebar. 

Pada 10 lokasi pengungsian kini sudah dilengkapi hidran umum (HU) dengan kapasitas 1.000 liter dan 2.000 liter sehingga air bisa disimpan untuk memenuhi kebutuhan harian para pengungsi dan relawan. 

Kementerian PUPR telah juga mengirimkan 16 unit HU berkapasitas masing-masing 2000 Liter, serta 30 unit HU berkapasitas masing-masing 1000 liter. Disamping itu juga telah terpasang 70 tenda hunian darurat dan 26 WC portable.  

Mobilisasi alat berat telah dilakukan untuk membersihkan puing bangunan dan penanganan longsoran dengan 8 ekskavator, 2 doser, 8 dumptruck, 1 loader, 1 trailer dan 1 mobil crane. 

Kondisi jalan nasional tidak ada yang terputus, namun terjadi longsoran pada beberapa titik. Untuk jembatan, tercatat 12 jembatan mengalami kerusakan yakni Kali Padet, Panggung, Lokok Koangan, Sapit II, Tampes, Baburung III, Embar-embar, Sokong A, Lempenge I, Luk I, Sidutan dan Segundi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…