Kereta Bandara Sumbar Bisa untuk Angkutan Perkotaan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 11:50 WIB

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspress pada Senin (21/5).
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspress pada Senin (21/5).

INDUSTRY.co.id - Padang - Kereta api bandara Minangkabau Ekspress bisa difungsikan sebagai kereta komuter untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat dari pinggir ke pusat kota, kata  Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

"Kita harus merubah sudut pandang tentang kereta api bandara ini. Pemanfaatannya tidak harus untuk ke bandara, bisa juga melayani transportasi harian masyarakat," katanya di Padang, Jumat (10/8/2018)

Ia mengatakan itu terkait evaluasi kereta api bandara Minangkabau Ekspress di Sumbar yang mulai dioperasikan sejak Mei 2018.

Menurutnya agar bisa dimanfaatkan sebagai angkutan harian masyarakat, perlu ditambah beberapa sarana seperti halte untuk naik dan turun penumpang.

Selama ini ada dua shelter kereta api yang berada antara Stasiun Simpang Haru, Padang dan Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Dua shelter itu masing-masing di Alay, Siteba dan shelter Basco di Air Tawar. Ke depan shelter tersebut akan ditingkatkan menjadi halte agar akses masyarakat untuk naik dan turun kereta makin banyak.

"Nanti mahasiswa dan masyarakat di sekitar Simpang Haru yang ingin ke Air Tawar, bisa menggunakan kereta api dan turun di halte Basco. Demikian juga sebaliknya," kata dia.

Selain itu integrasi antarmoda angkutan juga akan diupayakan. Masyarakat yang turun dari angkot atau Trans Padang harus bisa mengakses stasiun atau halte kereta api sehingga moda tranportasi itu berkembang.

"Secara bertahap kita akan tingkatkan layanan pada masyarakat Sumbar," ujarnya.

Sementara itu Kepala PT KAI Divre Sumbar Yoherman mengatakan kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas utama dalam pelayanan kereta api.

Ada standar pelayanan minimal (SPM) yang menjadi pedoman bagi PT KAI dalam memberikan layanan pada penumpang. Jika hal itu tidak terpenuhi, masyarakat bisa komplain.

"Dirjen juga akan menegur jika stantar itu tidak terpenuhi," katanya.

Kereta api Bandara Internasional Minangkabau yang dinamakan Minangkabau Ekspress diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada Mei 2018.

Kereta itu adalah yang ketiga di Indonesia setelah bandara Kualanamu Sumatera Utara dan Soekarno-Hatta, Banten (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

NIVEA

Sabtu, 17 November 2018 - 14:42 WIB

Ternyata Inilah yang Direkomendasikan oleh Make-up Experts untuk Pembersih Make-up

NIVEA sebagai Make Up Care Expert meluncurkan inovasi terbaru NIVEA MicellAIR Skin Breathe XPERT yang direkomendasikan oleh Make-up Experts

Tim Mekanik asal Indonesia yg diwakili oleh (ki-ka) Hari Wijaya (Nusantara Motor Jakarta), Rohim (Vergita Motor Sidoarjo), Mualim (Berkat Motor Tangerang)

Sabtu, 17 November 2018 - 13:40 WIB

Castrol Asia Pacific Bikes Super Mechanic Contest 2018 Ditutup Meriah

Tim mekanik asal Indonesia bersaing ketat di ajang kompetisi mekanik tingkat asia pasifik.

Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Sabtu, 17 November 2018 - 13:00 WIB

Wirausaha Sosial Asal Indonesia, Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Greenna, inovator dari Indonesia, menerima penghargaan tertinggi dalam kategoriSocial Enterprises(wirausaha sosial)Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards, sebuah kompetisikewirausahaanglobal…

Link Net First Media. (Foto: IST)

Sabtu, 17 November 2018 - 12:41 WIB

Gugatan PT First Media Tbk Tidak Terkait dengan layanan First Media

PT First Media Tbk (KBLV) merupakan penyelenggara jaringan telekomunikasi, yang memiliki izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched baik melalui kabel maupun pita frekuensi…

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi

Sabtu, 17 November 2018 - 11:00 WIB

Grand Launching Pembukaan KCP BNI Syariah Pematang Siantar

INDUSTRY.co.id -

Medan - Untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat kota Medan, BNI Syariah hadir di Pematang Siantar yang beralamat di Jalan Sutomo No 15 Kota Pematang…