Perpres Tentang Susu Segar Perlu untuk Dikeluarkan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 08:00 WIB

Ilustrasi Industri Susu
Ilustrasi Industri Susu

INDUSTRY.co.id - Jakart a- Peraturan Presiden (Perpres) terkait dengan pengaturan susu segar di dalam negeri merupakan hal yang penting untuk dikeluarkan dalam rangka meningkatkan produksi susu segar serta mengatur tata niaga yang lebih baik ke depannya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahja Widayati dalam keterangan tertulis, Kamis (9/8/2018)  menyatakan bahwa harus ada usulan yang kongkrit dalam rangka mengatur susu segar dalam negeri melalui regulasi yang lebih tinggi dari yang ada saat ini.

Sementara itu, pengamat sektor peternakan Rochadi Tawaf juga berpendapat bahwa sejak awal, Perpres dinilai dapat menyelesaikan berbagai persoalan susu segar dalam negeri yang dinilai begitu kompleks.

"Tanpa regulasi yang kuat, peternak lokal tidak akan bisa hidup," katanya.

Ia juga berpendapat bahwa dengan adanya rasio yang jelas dan diatur terkait dengan kewajiban industri dan importir untuk bermitra dan menyerap susu segar peternak domestik, maka hal itu dinilai bisa meningkatkan kualitas dan produksi susu dalam negeri.

Sebagaimana diketahui, Dewan Persusuan Nasional memperkirakan bahwa produksi susu segar pada 2018 relatif akan sama dengan 2017.

Hal tersebut antara lain karena beban yang semakin besar yang harus ditanggung peternak dalam sejumlah aspek seperti terkait permasalahan pakan ternak.

Terkait dengan ternak, Kabag Program dan Anggaran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) M Nasir Rofiq di Bojonegoro, beberapa waktu lalu, menyatakan bahwa defisit daging sapi yang paling tinggi terjadi pada 2015 yaitu 89,18 ribu ton.

"Defisit ini menjadi peluang untuk terus meningkatkan pengembangan budi daya sapi potong khususnya pada skala rumah tangga," ujarnya dan menyatakan, usaha peningkatan ternak skala rumah tangga akan membawa perubahan signifikan.

Bisnis ternak sapi potong skala rumah tangga telah marak digerakkan dengan cara konvensional, lanjutnya, sehingga peternak sapi potong kelas rumah tangga dinilai mampu mengembangkan usahanya dengan keuntungan yang memadai.

Teknologi budi daya ternak sapi potong yang dapat diaplikasikan adalah teknologi reproduksi, kesehatan ternak, dan pengolahan bahan pakan berbasis sumber daya lokal.

Menurut dia, sasaran kegiatan yang akan dicapai adalah peningkatan wawasan peternak mengenai tata laksana budi daya ternak sapi potong yang baik sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…