Trinseo Indonesia Hadirkan Kelas Seni Dari Bahan Daur Ulang Styrofoam

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 10 Agustus 2018 - 20:35 WIB

Kelas seni dari bahan daur ulang bersama PT Trinseo Materials Indonesia
Kelas seni dari bahan daur ulang bersama PT Trinseo Materials Indonesia

INDUSTRY.co.id - Denpasar - PT Trinseo Materials Indonesia, perusahaan material dan produsen plastik, lateks dan karet, hari ini mengunjungi sekolah SD Saraswati 3, Denpasar, Bali guna memberikan sebuah kelas seni kreatif kepada anak-anak dari bahan daur-ulang Styrofoam. Bersama dengan Surani, seorang seniman daur ulang Styrofoam dari Jakarta, Trinseo mengajarkan anak-anak untuk dapat memanfaatkan kemasan makanan berbahan polistirena bekas ini menjadi barang yang bermakna seperti lukisan dan patung maskot Asian Games 2018.

Hanggara Sukandar, Presiden Direktur PT Trinseo Materials Indonesia dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan salah satu wujud komitmen Trinseo dalam menjaga lingkungan baik lokal maupun global. “Trinseo menyadari bahwa sebagai bagian dari masyarakat lokal dan international, kami harus melakukan sesuatu yang dapat mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah untuk kebaikan lingkungan. Kemajuan teknologi membuat kita sebagai manusia harus dapat mencari cara mengatasi sampah, yang tidak hanya membiarkannya diselesaikan oleh alam. Mendaur-ulang adalah salah satu caranya. Karena itu kami hadir disini, untuk mengajarkan generasi muda kita pentingnya mendaurulang sampah menjadi suatu barang yang bermakna.”

Sejak 2010, Trinseo dengan bangga telah menjadi anggota dari program American Chemistry Council’s Responsible Care®, sebuah inisiatif sukarela dari industri kimia di seluruh dunia yang dirancang untuk meningkatkan kinerja Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan untuk sarana, proses, dan produk. “Trinseo telah berkomitmen untuk membuat program penatagunaan lingkungan, Operation Clean Sweep®, program internasional yang difokuskan untuk mencegah kehilangan pelet plastik dengan tujuan menjaga agar butiran plastik keluar dari wilayah perairan, termasuk samudera, laut, dan sungai.” tambah Hanggara.

Surani, yang khusus terbang dari Jakarta untuk acara hari ini mengatakan bahwa Ia sangat mendukung acara-acara seperti ini, dimana anak-anak diajarkan untuk dapat sekreatif mungkin memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar mereka. Pria berusia 51 tahun ini mengaku telah menggeluti bidang ini sejak tahun 1987. “Selama 31 tahun lebih saya menekuni bidang ini. Saya tidak langsung berhasil dalam mendaur ulang sampah untuk menjadi barang bernilai. Sebelumnya saya pernah mencoba membuat beton dari bahan daur ulang Styrofoam, namun minimnya pengetahuan masyarakat tentang kelebihan Styrofoam ini, membuatnya jadi kurang diminati. Saya harapkan kedepannya semakin banyak anak-anak yang mau berkreasi lebih lagi dengan limbah Styrofoam ini.” katanya.

Memiliki fasilitas produksi plastik/lateks di Merak, Indonesia, Trinseo berkomitmen untuk merawat lingkungan baik secara lokal maupun global, membantu mengatasi masalah untuk isu global. Trinseo juga mendukung Marine Litter Solutions Coalition, prakarsa dari industri plastik untuk perlindungan laut dan samudra. Dalam managemen sampah, masyarakat sudah cukup familiar dengan konsep 3R (Refuse, Reduce, and Reuse). Namun para ahli telah mengenalkan konsep 5R, ada 2R tambahan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat ini, yakni Recovery dan Recycle. Pada Recovery, material sampah dapat dipecah, dipulihkan, dan diproduksi menjadi produk yang sama. Recycle berarti menciptakan sebuah barang berharga dari sampah tersebut. Keunggulan dari Styrofoam adalah material tersebut dapat di-recovery dan di-recycle 100%. Salah satu cara untuk mendaur-ulangnya adalah seperti yang telah dilakukan oleh Surani beberapa tahun terakhir ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…