MUI Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok NTB

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Agustus 2018 - 14:19 WIB

Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)
Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggalang dana dari berbagai instansi dan masyarakat untuk membantu korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat(NTB), terutama untuk proses pemulihan pasca-bencana.

"Kami mengundang untuk mengajak berpartisipasi dalam apa yang mau dilakukan MUI dalam rangka ikut menanggulangi masalah yang diderita saudara kita di NTB," kata Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin dalam acara penggalangan dana potensi umat untuk NTB di Kantor MUI, Jakarta, Kamis. (9/8/2018)

Dia menuturkan melalui kegiatan itu,  MUI akan menghimpun dana bantuan dari perusahaan, perbankan, lembaga atau instansi lain sekaligus masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan para korban gempa.

"MUI merasa punya tanggung jawab sebagai tanggung jawab keagamaan maupun kebangsaan, di sana banyak umat Islam dan di sana adalah warga Indonesia," ujarnya.

Penggalangan dana tersebut menjadi wadah bagi pihak-pihak yang memiliki kapasitas untuk membantu para korban sekaligus mempererat hubungan kemitraan antara lembaga dan instansi dengan MUI dalam menanggulangi musibah di NTB.

Ma'ruf menyatakan, bantuan tersebut akan diberikan sesuai dengan kebutuhan para korban seperti tenda atau hunian sementara, obat-obatan, makanan siap saji, makanan balita dan anak-anak, selimut, keburuhan lanjut usia dan wanita serta pendampingan psikososial.

"Mana prioritas yang mereka butuhkan akan kita dahulukan," ujarnya. Dia mengemukakan, selain kebutuhan jasmani yang mendesak saat ini,  kebutuhan pemulihan juga menjadi salah satu perhatian MUI karena penangangan pascabencana merupakan kebutuhan prioritas misalnya untuk perbaikan rumah, masjid, pesantren, kebutuhan pendidikan dan kesehatan, dan pemulihan psikologis korban.

Komitmen untuk berkontribusi dalam penggalangan dana itu disampaikan sejumlah instansi antara lain BNI syariah,  Pegadaian Syariah,  Bhinneka Life Syariah, BTPN syariah, Bank Mega Syariah, Sinarmas, Hotel Sofyan, Solaria, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, PT Bumi Putera dan CIMB Niaga.

MUI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menyalurkan donasi ke nomor rekening Mandiri Syariah (7776777565), BNI Syariah (900555007), Bank Muamalat (3010174218) dan dapat memberikan konfirmasi pesan singkat ke nomor kontak Dedeh di 087884334746.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siti Hardiyanti Rukmana

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:08 WIB

Mbak Tutut: Libatkan Tuhan dalam Perjalanan Hidupmu

usia 70 tahun yang tengah dijalaninya, bepergian jauh tentu sudah tak lagi terlalu menarik hati Siti Hardiyanti Rukmana.

Pulau Bidadari (Foto Dok PT Pembangunan Jaya)

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:00 WIB

Pulau Bidadari Tawarkan Wisata Alam Masih Sangat Alami

Pulau Bidadari merupakan salah satu gugusan pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu yang dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari. Merupakan pulau terdekat dengan Teluk Jakarta menjadikan…

Danone Aqua Gelar Kegiatan Edukatif dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia 2019

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:43 WIB

Peringati Hari Ginjal Sedunia, Danone Aqua Gelar Kegiatan Edukatif

Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia/World Kidney Day 2019 yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2019 yang lalu, Danone-AQUA mengadakan serangkaian kegiatan edukatif yang bertujuan untuk…

JakCard Bank DKI bisa digunakan di MRT

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:34 WIB

Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta

Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna MRT Jakarta. Pengguna transportasi MRT Jakarta dapat menggunakan…

Peternak sapi (foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 24 Maret 2019 - 14:45 WIB

Mentan: Produksi Susu Sapi Nasional Meningkat Jadi 1,6 Juta Ton

Bandung Barat - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan komitmen yang besar Kementerian Pertanian untuk peternak telah menghasilkan produktivitas sekaligus mendorong kesejahteraan.