MUI Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok NTB

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Agustus 2018 - 14:19 WIB

Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)
Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggalang dana dari berbagai instansi dan masyarakat untuk membantu korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat(NTB), terutama untuk proses pemulihan pasca-bencana.

"Kami mengundang untuk mengajak berpartisipasi dalam apa yang mau dilakukan MUI dalam rangka ikut menanggulangi masalah yang diderita saudara kita di NTB," kata Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin dalam acara penggalangan dana potensi umat untuk NTB di Kantor MUI, Jakarta, Kamis. (9/8/2018)

Dia menuturkan melalui kegiatan itu,  MUI akan menghimpun dana bantuan dari perusahaan, perbankan, lembaga atau instansi lain sekaligus masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan para korban gempa.

"MUI merasa punya tanggung jawab sebagai tanggung jawab keagamaan maupun kebangsaan, di sana banyak umat Islam dan di sana adalah warga Indonesia," ujarnya.

Penggalangan dana tersebut menjadi wadah bagi pihak-pihak yang memiliki kapasitas untuk membantu para korban sekaligus mempererat hubungan kemitraan antara lembaga dan instansi dengan MUI dalam menanggulangi musibah di NTB.

Ma'ruf menyatakan, bantuan tersebut akan diberikan sesuai dengan kebutuhan para korban seperti tenda atau hunian sementara, obat-obatan, makanan siap saji, makanan balita dan anak-anak, selimut, keburuhan lanjut usia dan wanita serta pendampingan psikososial.

"Mana prioritas yang mereka butuhkan akan kita dahulukan," ujarnya. Dia mengemukakan, selain kebutuhan jasmani yang mendesak saat ini,  kebutuhan pemulihan juga menjadi salah satu perhatian MUI karena penangangan pascabencana merupakan kebutuhan prioritas misalnya untuk perbaikan rumah, masjid, pesantren, kebutuhan pendidikan dan kesehatan, dan pemulihan psikologis korban.

Komitmen untuk berkontribusi dalam penggalangan dana itu disampaikan sejumlah instansi antara lain BNI syariah,  Pegadaian Syariah,  Bhinneka Life Syariah, BTPN syariah, Bank Mega Syariah, Sinarmas, Hotel Sofyan, Solaria, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, PT Bumi Putera dan CIMB Niaga.

MUI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menyalurkan donasi ke nomor rekening Mandiri Syariah (7776777565), BNI Syariah (900555007), Bank Muamalat (3010174218) dan dapat memberikan konfirmasi pesan singkat ke nomor kontak Dedeh di 087884334746.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Kompleks Olahraga GBK

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:45 WIB

Berikut Ini Jadwal Pertandingan Asian Games di Jakarta

Perhelatan olahraga terbesar se-Asia atau Asian Games 2018 mulai memasuki hari ketiga. Indonesia sebagai tuan rumah kali ini membagi penyelenggaraan Asian Games 2018 di dua kota yaitu Jakarta…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:21 WIB

Ini Maklumat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia pada Hari Raya Idul Adha

Besok umat Islam akan merayakan Idul Adha. Puncak dari Hari Raya Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Ini adalah momen yang sangat baik bagi masyarakat (khususnya menengah bawah) untuk…

Foto Ilustrasi E-commerce

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:15 WIB

RPP Perdagangan e-Commerce Tinggal Tunggu Goresan Tinta Jokowi

Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) ataue-commercesaat ini tengah menunggu pengesahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…