KAI Operasikan Kereta Api Pengangkut Limbah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 10 Agustus 2018 - 13:20 WIB

PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi mulai mengoperasikan kereta api (KA) khusus mengangkut limbah dengan melayani pengangkutan kontainer limbah milik perusahaan pengolah limbah, PT Prasada Pamunah Limbah Industri (PPLI)
PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi mulai mengoperasikan kereta api (KA) khusus mengangkut limbah dengan melayani pengangkutan kontainer limbah milik perusahaan pengolah limbah, PT Prasada Pamunah Limbah Industri (PPLI)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Baru –baru ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi mulai mengoperasikan kereta api (KA) khusus mengangkut limbah dengan melayani pengangkutan kontainer limbah milik perusahaan pengolah limbah, PT Prasada Pamunah Limbah Industri (PPLI).

Peresmian operasional perdana gerbong KA angkutan kontainer limbah tersebut dilakukan oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan yang merangkap Direktur Komersial dan TI PT KAI , Apriyono Wedi Chresnanto dan  Direktur Lalulintas dan Angkutan Perkerataapian Kemenhub, Zulmafendi di Stasiun Kalimas Surabaya.

Apriyono mengatakan pada operasional perdana tersebut KAI menyediakan 10 gerbong datar (GD) dengan kapasitas 20 Teus atau setara dengan 360 ton yang diberangkatkan dari Stasiun Kalimas, Surabaya, menuju Stasiun Nambo, Bogor. “Selanjutnya, angkutan ini akan dilakukan secara regular dua kali dalam seminggu dengan jumlah rangkaian 10 Teus atau 5 GD yang setara dengan dengan 180 ton untuk setiap keberangkatan,” katanya. 

Apriyono menjelaskan, untuk angkutan limbah dengan moda KA, KAI melalui anak perusahaannya, PT Kereta Api Logistik (KALOG), akan mengangkut kontainer limbah milik PPLI. Layanan itu termasuk juga kegiatan muat (loading) dan bongkar (unloading) baik di stasiun muat maupun stasiun bongkar. Limbah yang akan diangkut merupakan jenis limbah yang memerlukan penanganan khusus dengan tingkat resiko paling rendah.

“Untuk memastikan angkutan limbah ini memenuhi aspek keamanan, kami bersama KALOG telah melengkapi gerbong Kabus (kabin khusus) dengan pengawalan personil yang bersertifikasi penanganan limbah dan bertugas melakukan pemeriksaan di lima stasiun pemberhentian, yakni di Cepu, Semarang, Tegal, Cirebon dan Tanah Abang ,” jelasnya.

Selain itu, KAI, KALOG dan PPLI juga telah membentuk tim tanggap darurat yang akan merespon secara cepat setiap kejadian yang tak terduga. “Kami juga melengkapi  emergency shelter dengan fasilitas beberapa tool kit untuk penanganan limbah di Stasiun Kalimas dan Nambo,” imbuh Apriyono.

Menurut dia, angkutan limbah dengan KA ini merupakan yang pertama di Indonesia dan diyakini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pengangkutan sebelumnya dengan truk, karena waktu tempuh bisa ditekan dari sekitar 2-3 hari perjalanan menjadi hanya 15-16 jam. Kecepatan waktu tempuh ini akan memungkinkan limbah bisa segera dikelola secara professional sehingga dampaknya tidak merusak lingkungan.

“Jadi angkutan limbah dengan KA ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan dan kepedulian KAI terhadap kelestarian lingkungan,” tandas Apriyono.

Sementara Plt Dirut KALOG, Junaidi Nasution menambahkan kedepan diharapkan layanan angkutan container limbah ini akan berjalan setiap hari seiring makin banyaknya peminat. Saat ini, selain Surabaya tawaran pengangkutan KA kontainer limbah ini juga datang dari Semarang. Ongkos angkutan KA kontainer limbah ini juga bersaing dengan angkutan truk.

“Harga per kontainer  antara Rp 10 hingga 12 juta. Kami rasa harga tersebut tidak akan mematikan angkutan truk yang ada,” katanya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…