GCG Bank BTN Raih Peringkat Pertama pada Ajang Anugerah BUMN 2018

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 10 Agustus 2018 - 12:52 WIB

GCG Bank BTN Raih Peringkat Pertama pada Ajang Anugerah BUMN 2018 (Foto Abe)
GCG Bank BTN Raih Peringkat Pertama pada Ajang Anugerah BUMN 2018 (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, memperoleh peringkat pertama untuk kategori The Best Goo Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik BUMN Terbuka dalam ajang Anugerah BUMN 2018.

Bank BTN dinilai telah berhasil menjalankan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan melebihi BUMN Terbuka lainnya. Selain meraih The Best GCG, Bank BTN juga meraih penghargaan Pengembangan Talenta Terbaik dan The Best CEO untuk kategori Driving Execution.

“Penghargaan ini adalah bukti bahwa proses transformasi yang kami lakukan berhasil. Ini akan memicu semua jajaran BTN baik karyawan dan manajemen untuk bekerja lebih baik lagi,” ujar R. Mahelan Prabantarikso, Direktur Bank BTN, usai menerima penghargaan Anugerah BUMN 2018 di Jakarta, Kamis (09/08/2018) malam.

Mahelan mengatakan, tata kelola di Bank BTN itu adalah suatu program GCG terpadu yang harus dilakukan mulai dari level atas hingga bawah dan penerapannya terus dievaluasi. “Penerapan GCG tersebut kami bungkus dengan transformasi yang mencakup infrastruktur, sumber daya manusia dan bisnis,” tukas Mahelan.

Menurut Mahelan, infrastruktur yang dibenahi adalah tata kelola bagaimana sebuah perusahaan berjalan dengan baik dan bertransformasi secara cepat serta berkembang menjadi lebih luas. Dari sisi tata kelola, Bank BTN membenahi kembali berbagai kententuan yang ada dan ketentuan yang sudah diatur harus diterapkan.

“Khusus yang untuk GCG, Bank BTN sudah memperoleh evaluasi Rangking Asean (Asean CG Score). Di Indonesia, Bank BTN kini masuk rangking ketiga dengan nilai lebih dari 105. Ini peluang GCG Bank BTN masuk ke dalam TOP 50 Company di Asean yang diikuti enam negara, dimana setiap negara, ada 100 perusahaan publik yang ikut serta,” papar Mahelan.

Mahelan menambahkan, untuk mempertahankan perusahaan berkualitas terbaik, Bank BTN menetapkan hasil yang harus berkelanjutan baik dari bisnis, infrastuktur dan sumber daya manusia.

Dari sisi bisnis, sebagai bank yang fokus pada sektor pembiayaan perumahan, pertumbuhan kinerja Bank BTN lebih tinggi di atas rata-rata. Itu terlihat selama empat tahun pertumbuhan perseroan yang berada pada ksiaran 7-9% di atas rata-rata industri.

“Kemudian dari sisi SDM, Bank BTN memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkarir seluas-luasnya,” urai Mahelan.

Sementara itu, demikian Mahelan, terkait dengan raihan penghargaan BTN sebagai Talenta Terbaik, Bank BTN terlihat memberikan banyak kesempatan kepada yang muda, dimana 70% pegawai perseroan di bawah usia 30 tahun.

“Ini dinilai sebagai sebuah investasi yang berani dari perseroan yang dinahkodai oleh Bapak Maryono sebagai CEO, dan ini dipandang suatu hal yang berani,” tukas Mahelan.

Sedangkan untuk penghargaan sebagai Driving Execution, Mahelan menuturkan, lebih dinilai dari hasil yang telah dicapai perseroan melalui kinerja keuangan. Salah satu hasil yang diraih Bank BTN pada 2017 adalah peningkatan harga saham sebesar 115%.

Persentase kenaikan harga saham sebesar itu adalah yang tertinggi di antara harga saham-saham perusahaan terbuka yang berstatus BUMN. Karena itu, dari berbagai pencapaian tersebut, maka penerapan GCG yang dilakukan Bank BTN dinilai sudah tepa dan targetnya pun telah tercapai. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:50 WIB

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia di Grand Final PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018

Tencent Games, Developer Game ternama di dunia, menghadirkan Grand Final PUBG mobile Indonesia National Championship (PINC) 2018. Grand Final yang diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari pemenang…

Rusun Ponpes Cipasung, Tasikmalaya

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:39 WIB

Kementerian PUPR Bangun 27 Rusun Ponpes di Jawa Barat Tahun 2018

Dengan adanya Rusun diharapkan mendukung Ponpes dalam menghasilkan santri yang religius, nasionalis dan berakhlakul karimah

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:30 WIB

BPR Terlu Waspadai Marak Tumbuhnya Fintech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mewaspadai gempuran "financial technology" atau teknologi finansial yang saat ini mulai merambah di pedesaan.

Asuransi Ilustrasi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:15 WIB

Masyarakat Tak Perlu Ragukan Asuransi Syariah

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis meminta masyarakat muslim tidak ragu menggunakan produk asuransi syariah.

Kebun Tembakau

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:00 WIB

Harga Tembakau Kasturi di Jember Berkisar Rp50.000/Kg

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Kasturi Kabupaten Jember Abdurrahman mengatakan harga tembakau kasturi di wilayah setempat cukup bagus yakni berkisar Rp44 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram untuk…