Mulai Oktober, Siap-siap Pengguna BBM Premium Beralih ke BBM Euro4

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 10 Agustus 2018 - 06:12 WIB

Pemerintah mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) Euro 4. Saat ini sendiri, penggunaan bahan bakar kendaraan di Indonesia masih menggunakan Euro 2.
Pemerintah mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) Euro 4. Saat ini sendiri, penggunaan bahan bakar kendaraan di Indonesia masih menggunakan Euro 2.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) Euro 4. Saat ini sendiri, penggunaan bahan bakar kendaraan di Indonesia masih menggunakan Euro 2. Keputusan tersebut sendiri semakin diperkuat oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen KLHK) Nomor 2 tahun 2017 tentang baku mutu emisi.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) MR Karliansyah mengatakan, terkait penggunaan Euro 4 untuk kendaraan berbahan bakar premium akan diberlakukan mulai 7 Oktober 2018. Sedangkan penggunaan euro 4 untuk diesel akan dimulai 2021.

"Sedangkan, bagi kendaraan berbahan bakar diesel akan diberlakukan pada 2021,” ujarnya kemarin.

Menurut Karliansyah, salah satu alasan mengapa aturan tersebut diteken adalah untuk memberikan udara yang bersih kepada masyarakat. Selain itu, bagi kendaraan bermotor juga akan merawat mesin jauh lebih bagus dari sekarang.

“Dengan adanya aturan itu, diprediksikan akan terjadi perubahan kandungan udara, menjadi lebih baik. Dari data kami, perbandingan antara Euro 2 dengan Euro 4 adalah menurunkan 55% kandungan CO dalam udara, 6% kandungan Nox, dan 60% kandungan HC,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, Karliansyah menegaskan, hak masyarakat akan lebih bisa bisa dipenuhi. Karena, kata dia, udara makin bersih.

Sebab menurutnya, masalah polusi udara masih menjadi isu serius yang harus segera diantisipasi oleh pemerintah. Karena, polusi udara yang ada di Indonesia khususnya Jakarta ini, sudah sangat mengkhawatirkan.

Karliansyah mengatakan, udara yang tidak bagus membuat kesehatan masyarakat itu sendiri terganggu. Berdasarkan data kajian yang dilakukan pada periode. 2011-2012 lalu misalnya, banyak sekali masyarakat yang terkena dampak dari polusi udara itu sendiri.

Karena itu, banyak juga masyarakat yang bolak-balik masuk rumah sakit karena penyakit yang terkait dengan pencemaran udara. Bahkan setiap tahunnya masyarakat mengeluarkan Rp38,5 triliun untuk pengobatan penyakit-penyakit yang terkait dengan dampak pencemaran udara.

"Kami pernah bekerja sama untuk melakukan kajian di Jakarta, hasilnya diperoleh Rp38,5 triliun uang masyarakat itu habis untuk biaya berobat akibat pencemaran udara. Tambah lagi populasi kendaraan makin meningkat faktor impact-nya ujung-ujungnya kesehatan masyarakat," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.