Ketum HKI Berharap IJB-Net Dapat Kurangi Ketergantungan Indonesia Terhadap Produk Impor

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Agustus 2018 - 11:30 WIB

Ketua Umum HKI sekaligus Ketua Dewan Penasehat IJB-Net Sanny Iskandar saat menerima pelakat dari Ketua IJB-Net Suyoto Rais (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum HKI sekaligus Ketua Dewan Penasehat IJB-Net Sanny Iskandar saat menerima pelakat dari Ketua IJB-Net Suyoto Rais (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), salah satunya melalui Indonesia-Japan Business Network (IJB-Net). 

IJB-Net merupakan organisasi yang didukung oleh para diaspora Indonesia di Jepang, sahabat Jepang pecinta Indonesia, dan masyarakat Indonesia lainnya yang terpanggil untuk meningkatkan kolaborasi bisnis antar kedua negara.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) sekaligus Ketua Dewan Penasehat IJB-Net Sanny Iskandar berharap melalui program-program kerja yang dilakukan oleh IJB-Net akan terjadi peningkatan kolaborasi bisnis antara pelaku usaha Jepang dan Indonesia. 

"Saya berharap ada peningkatan kolaborasi bisnis antara kedua negara khususnya di sektor industri manufaktur skala kecil dan menengah (small and medium enterprise)," kata Sanny Iskandar saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Ditambahkan Sanny, jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh industri manufaktur tersebut diharapkan adalah produk-produk yang selama ini masih impor. 

"Hal ini ditujukan agar dapat mengurangi ketergantungan Indonesia atas produk-produk impor," terangnya. 

Sementara itu, Rachmat Gobel selaku Utusan Khusus Presiden untuk Jepang, menuturkan Negeri Matahari Terbit tersebut merupakan mitra yang penting bagi Indonesia, apalagi keduanya merupakan anggota G-20.

“Harus lebih ditingkatkan sungguh-sungguh kerjasama kedua negara. Indonesia bisa mencontoh Jepang yang saat ini telah menjadi negara maju,” kata Gobel.

Indonesia dan Jepang adalah mitra strategis, hubungan perdagangan keduanya terus bertumbuh. Jepang hampir selalu masuk dalam jajaran 5 besar negara mitra Indonesia, dan juga dari sisi investasinya.

Tahun ini juga menjadi momen bagi kedua negara karena pada 2018 hubungan diplomatik Indonesia-Jepang menginjak 60 tahun. Hingga kini, terdapat 1.800 perusahaan Jepang yang menyerap 5 juta tenaga kerja dan menyumbang 10% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta 20% terhadap kinerja ekspor Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…