Ciptakan SDM Perhotelan Handal dan Terverifikasi, Situs Perhotelan Ajar.id Lakukan Softlaunching

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 Agustus 2018 - 08:36 WIB

Soft Launching Ajar.id (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Soft Launching Ajar.id (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Situs penyedia konten perhotelan hotelier, baru saja melakukan softlauncingnya dengan nama yang lebih fresh. Situs yang awalnya bernama hotelier.co.id ini kini berganti nama menjadi ajar.id yang akan memberikan berbagai macam konten seputar industri perhotelan termasuk modul sertifikasi yang akan dikemas menggunakan video.

Chairman of Ajar, Ikin Solikin mengatakan, perubahan nama situs hotelier.co.id menjadi ajar.id akan segera berlangsung selama tujuh hari kedepan.  Dengan perubahan nama baru tersebut, ia menargetkan dapat menjangkau sebanyak 5.000 user perhari.

“Di hotelier.co.id user base kita per hari yang mengakses itu sudah ada 1.500 sampai 2.000 user. Target kita ke depan enggak muluk-muluk, ajar.id bisa dapat 5.000 user saja. Yang penting mereka di sini bisa belajar, terinspirasi, dan dengan sendirinya nanti bisa bertambah,” ungkap Ikin di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Menurut Ikin, situs ajar sangat penting untuk menyongsong bonus demografi, dengan usia produktif Indonesia yang mencapai 70 persen. Dengan situs ini, industri perhotelan dan pariwisata khususnya, bisa menciptakan daya saing dan menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan yang tersertifikasi dan berstandar internasional.

Sementara, menurut Chairman of Tourism Professional Certification Board of Indonesia, Sumarna Abdurrahman dari total angkatan kerja 130 juta orang di Indonesia, baru 3,4 juta orang yang baru mendapatkan sertifikasi.

“Itu artinya hanya 2 persen, dari segi rasio masih kurang. Kita sekarang bersama BNSP sedang mencanangkan program percepatan sertifikasi. Tak hanya sosialisasi bahkan juga disediakan dana, sehingga banyak orang bisa mendapatkan sertifikasi dengan gratis. Hadirnya Ajar diharapkan membantu para hotelier mendapatkan sertifikasi,” ungkap Sumarna.

Nantinya, di situs ajar.id semua orang bisa mengakses beragam modul, mulai dari praktik pelayanan hotel, artikel menarik, hingga deretan video yang sangat berguna bagi para hotelier, maupun masyarakat pada umumnya yang berkecimpung di industri hospitality.

“Mudah-mudahan Ajar bisa memberikan manfaat. Tujuan utama kita itu, artinya kita memupuk mereka yang baru berkarier di hotel itu untuk tumbuh, termasuk knowladge dan karier, sehingga ke depan industri hotel ini akan menjadi lebih baik. Bisnis jadi baik, akhirnya sistem, tidak ada orang yang dirugikan,” ungkap Ikin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (Foto Rizki Meirino)

Senin, 20 Agustus 2018 - 04:07 WIB

Semarakkan HUT RI, Mandiri dan PPA Gelar Aksi Sosial di Papua Barat

Bank Mandiri bersama PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) menggelar serangkaian aksi sosial di Merauke dan Sorong, Papua Barat untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-73. Rangkaian itu meliputi…

Mensos Idrus Marman dan Dirjen irjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat (Foto Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 04:00 WIB

Pemerintah Sertifikasi Data Korban Gempa di Lombok NTB

Kementerian Sosial sedang melakukan verifikasi terhadap data korban yang meninggal di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) gempa bumi 7 Skala Richter (SR), Minggu (19/8/2018) malam.

Ilustrasi Gempa

Senin, 20 Agustus 2018 - 03:55 WIB

Gempa 5 SR Guncang Seram Maluku Bagian Timur

Gempa Bumi dengan kekuatan 5 Skala Ricther (SR) mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, pada Minggu (19/8/2018) malam.

Gempa Bumi (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 03:51 WIB

BNPB Belum Pastikan Korban Jiwa Gempa Lombok NTB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum dapat memastikan jumlah korban jiwa dan kerusakan akibat gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara…

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 03:44 WIB

Gempa NTB 7,0 SR Terasa Sampai JawaTimur

Gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada Minggu(19/8/2018) pukul 21.56 WIB terasa hingga Kabupaten Jember, Jawa Timur.