IECEx International Conference 2018: Indonesia Memerlukan IECEx

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Agustus 2018 - 15:37 WIB

IECEx Executive secretary, Mr. Chris Agius dan Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni
IECEx Executive secretary, Mr. Chris Agius dan Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam acara the IECEx International Conference 2018: Equipment and Services in Explosive Atmospheres yang digelar oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama International Electrotechnical Commission (IEC), IEC System for Certification to Standards relating to Equipment for use in Explosive Atmospheres (IECEx) serta United Nations Economic Commission for Europe (UNECE), IECEx Executive secretary, Mr. Chris Agius mengatakan bahwa Indonesia memerlukan IECEx. 

"Salah satunya karena UN telah mengakui sistem IECEx untuk harmonisasi regulasi di berbagai negara sehingga manufaktur dapat lebih leluasa dalam berinovasi dan menggunakan teknologi terkini untuk produk-produk yang digunakan dalam area Ex," kata Chris Agius di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Standar-standar tersebut mengatur tentang persyaratan umum untuk tingkat perlindungan pada petugas yang biasanya melakukan operasi di daerah berbahaya seperti di kilang minyak, rig pengeboran minyak lepas pantai, galangan kapal, pertambangan, farmasi, kosmetik, produksi makanan, kayu, kertas, tekstil, dan masih banyak lagi industri tertentu.    
 
Di Indonesia sendiri, beberapa standar IEC/TC 31 telah diadopsi oleh BSN menjadi SNI melalui Komite Teknis 29-06 Instalasi dan Keandalan Ketenagalistrikan di bawah Kementerian ESDM. 

“Kita berharap dengan adanya konferensi ini akan tersosialisasikan program-program The IECEx sehingga pemangku kepentingan bisa semakin “aware” dan standar-standar yang terkait dengan isu tersebut, ke depannya juga semakin berkembang,”kata Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni.
 
Adapun SNI yang diadopsi adalah sebagai berikut :
 
SNI IEC 60079-0:2009: Electrical apparatus for explosive gas atmospheres and its parts.:
•  SNI IEC 60079-0:2009 Electrical apparatus for explosive gas atmospheres - Part 0: General requirements
•  SNI IEC 60079-1:2009 Electrical apparatus for the warheads atmosphere - Part 1: Fireproof enclosure "d"
•  SNI IEC 60079-2:2009 Atmospheric gas atmosphere - Part 2: Protective equipment with pressurized enclosure "p"
•  SNI IEC 60079-10-2:2010 Atmospheric Atmosphere - Section 10-2: Classification of areas - Atmospheric dust is flammable
•  SNI IEC 60079-14:2013 Explosive atmosphere - Part 14: Design, selection and installation of electrical installations
•  SNI IEC 60079-17:2014 Explosive Atmosphere - Part 17: Inspection and maintenance of electrical installations

IECEx merupakan komite yang dibentuk tahun 1996, berada dibawah struktur IEC Conformity Assesment Board (CAB) dan berfungsi mengembangkan skema penilaian kesesuaian untuk perangkat serta sistem pada manufaktur. 

Indonesia yang diwakili Badan Standardisasi Nasional (BSN) aktif berperan dalam kegiatan IEC, namun untuk kegiatan yang berkaitan dengan IECEx, Indonesia masih menjadi Observer-member. Konferensi dihadiri oleh 250 peserta baik dari dalam maupun luar negeri yang berasal dari 15 negara. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…