PLN Pulihkan 60 Persen Pasokam Pascagempa Lombok

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Agustus 2018 - 13:17 WIB

Ilustrasi pekerja PLN (ist)
Ilustrasi pekerja PLN (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT PLN (Persero) mencatat sudah memulihkan sekitar 60 persen pasokan listrik setelah jaringan distribusi terganggu akibat gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara pada Minggu (5/8).

"Sekarang itu sudah normal 60 persen, tinggal 40 persen yang disebabkan jaringan distribusi itu terkena guncangan sehingga beberapa tiang roboh," kata Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin, saat ditemui awak media di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Amir memaparkan usai gempa mengguncang Lombok Utara, beban puncak konsumsi menurun hanya tinggal 25 persen karena terganggunya jaringan distribusi. Ada pun pada saat normal, beban konsumsi mencapai 220 mega watt (MW).

PLN saat ini terus berupaya untuk memulihkan sejumlah infrastruktur yang terdampak guncangan gempa, seperti melakukan pengujian terhadap sejumlah pembangkit, menormalkan kembali penghantar dan tiang listrik, serta trafo yang sempat roboh.

Menurut dia, pemulihan beban konsumsi listrik di wilayah Lombok dapat diselesaikan dalam kurun waktu seminggu.

"Dilihat dari kondisinya, yang memerlukan cukup waktu karena ada beberapa tiang yang roboh. Itu masih diselesaikan. Kita harapkan dalam seminggu bisa dinormalkan," kata Amir.

Ia menambahkan PLN terus berkoordinasi dengan lembaga terkait, seperti BMKG untuk mengantisipasi adanya gempa susulan serta berkoordinasi dengan tim PLN di luar wilayah Lombok, seperti Bali dan Banyuwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…