135 Ribu Orang Kunjungi Festival Idonesia di Moskow

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Agustus 2018 - 11:10 WIB

Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)
Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Zeynita Gibbons Moskow- Target pengunjung Festival Indonesia yang diadakan KBRI Moskow di Taman Krasnaya Presnya seluas 16,5 ha di pusat kota Moskow, Rusia selama tiga hari berhasil mencapai 135 Ribu pengunjung melampaui target 120 ribu pengunjung.

Festival Indonesia ketiga yang digagas Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M. Wahid Supriyadi berhasil menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Rusia di Moskow, kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Selasa.

Festival bertemakan "Visit Wonderful Indonesia: Explore our Regions" dikemas sebagai bentuk promosi perdagangan, investasi, pariwisata dan seni budaya terpadu.

Para pengunjung merasakan nuansa Indonesia di Rusia. Mereka bertemu dengan warga Indonesia yang berpartisipasi dalam Festival, melihat dan menyaksikan berbagai penampilan seni budaya, membeli produk-produk Indonesia, dan menikmati kuliner Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro hadir pada pembukaan Festival (3/8) menyampaikan bahwa Festival Indonesia dapat lebih mendekatkan bangsa Indonesia dan Rusia.

Menurut Bambang, melalui Festival ini warga Rusia, khususnya di Moskow dapat melihat langsung Indonesia, termasuk budaya, pariwisata, produk Indonesia dan tentunya akan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

Sementara itu, Wakil Kepala Departemen Kerja Sama Ekonomi Luar Negeri dan Hubungan Internasional Pemerintah Kota Moskow, Ilya Kuzmin menyampaikan apresiasi tinggi dari Wali Kota Moskow, Sergey Sobyanin atas penyelenggaraan Festival ini untuk warga Moskow.

Dalam sambutannya, Kuzmin memuji KBRI Moskow sebagai Kedutaan paling aktif di Rusia dan menjanjikan Kantor Walikota Moskow akan mendukung kembali penyelenggaraan Festival tahun depan.

Dalam Festival tersebar 100 gerai, 85 gerai di antaranya menampilkan berbagai produk Indonesia seperti kopi, pakaian, aksesoris, minyak kelapa sawit, kuliner nusantara, dan kerajinan-kerajinan dari berbagai daerah Indonesia yang banyak diminati oleh pengunjung.

Para pengujung dapat menyaksikan berbagai acara seperti pagelaran wayang kulit, permainan gamelan, kolintang dan alat musik tradisional lainnya, serta tarian daerah Indonesia dan fashion show dari para desainer Indonesia.

Selain itu, terdapat juga demo membatik dan memasak masakan nusantara, kelas Bahasa Indonesia, peragaan pencak silat, prosesi upacara pernikahan adat, simulasi selancar dan menyelam, serta pelayanan informasi tentang Indonesia.

Duta Besar M. Wahid Supriyadi berharap manfaat besar yang diperoleh dari Festival ini untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Rusia di berbagai bidang, khususnya perdagangan, pariwisata dan budaya.

Menurut Dubes Wahid, penyelenggaraan festival ketiga ini lebih masif dari dua festival sebelumnya, karena tempat yang lebih luas, gerai dan peserta yang lebih banyak, program dan kegiatan beraneka ragam dan atraktif.

Sehingga pengunjung yang datang lebih banyak dan melebihi target yang ditetapkan sebelumnya.

Ditambahkannya bahwa tanggapan para peserta, khususnya pelaku bisnis Indonesia dan pengunjung, termasuk pemerintah Kota Moskow sangat positif.

Festival sebelumnya diadakan di Hermitage Garden Moskow, seluas 6 ha pada 20-21 Agustus 2016 dikunjungi lebih dari 68.000 orang dan berikutnya, 4-6 Agustus 2017 di tempat yang sama dikunjungi lebih dari 91.600 orang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Rabu, 26 September 2018 - 20:24 WIB

Rumah Tahan Gempa Risha Dibanderol Mulai 27 Juta Untuk Tahap Pembuatan Awal

Risha merupakan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun secara instan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya dan telah teruji tahan gempa hingga 8 Skala Richter…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d

Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Sejalan dengan visinya sebagai everyday superapp,Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan…

Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Rabu, 26 September 2018 - 18:41 WIB

Gelar Fun Run, Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Dalam rangka memeriahkan hari olahraga nasional, disbudpora, Kabupaten Bekasi didukung oleh PT. Graha Buana Cikarang, PT Jababeka, Tbk, danĀ Bekasi Industrial TourismĀ (BIT), Kodim Kab. Bekasi,…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 18:00 WIB

PLN Babel Targetkan Pelanggan Industri Tumbuh 12 Persen

PLN Area Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan pertumbuhan pelanggan industri pada 2018 sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 17:45 WIB

Asuransi Prudential Sasar Pangsa Pasar Milenial

Perusahaan asuransi Prudential Indonesia mulai menyasar pangsa pasar millenial, melihat potensi peminat asuransi bagi anak muda mulai terbuka.