Siapkan Dana Besar, Hyundai Segera Bangun Pabrik di Indonesia

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 Agustus 2018 - 14:03 WIB

Hyundai (Foto: Ist)
Hyundai (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Produsen otomotif asal Korea Selatan (Korsel) Hyundai, tengah berniat mengguyur investasi di Indonesia dengan jumlah yang cukup besar. 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto seusai FGD antara Kadin Indonesia dan Korea International Trade Association (KITA), di GIIAS, Tangerang (6/8/2018).

Namun, Harjanto belum mau membeberkan banyak terkait obrolan-obrolan tentang investasi Hyundai di Indonesia. 

“Kami sedang pelajari, dan berharap nanti saat kunjungan Presiden sudah ada gambaran mengenai investasi itu. Rencananya memang cukup besar, tapi mereka mintanya confidential dahulu, mereka mintanya seperti itu,” ujar Harjanto.

Sedikit mengorek permintaan Hyundai untuk berinvestasi di dalam negeri, Harjanto sedikit membocorkan, merek asal Korea Selatan itu ternyata sudah mulai studi dan memiliki beberapa harapan kepada pemerintah.

“Intinya sudah memberikan wishlist ke kami, cuma memang beberapa permintaan mereka yang kita lihat, sebagian besar mereka bilang sudah terakomodir, tapi memang ada beberapa isu yang memang dilemparkan ke kita,” ungkapnya. 

“Seperti lahan, nanti kita akan fasilitasi lahan yang paling suitable untuk industrinya. Namun mereka expect gratis, itu kan susah buat kami, tapi kalau carikan tempat yang sangat kompetitif untuk lahan, itu bisa kita provide, bisa sediakan,” tutur Harjanto.

Sementara Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk Korsel Jongkie D Sugiarto, juga menyebut Hyundai meminta rekomendasi untuk lahan. Namun, tak berbicara jauh terkait kapan dan jumlah investasinya.

“Iya kami bantu juga, mencarikan lahan-lahan dan memberikan informasinya. Mereka nanti yang akan menentukan. Kemudian data-data soal pasarnya,” ujar Jongkie.

Sebelumnya, Hyundai sempat mengumumkan rencana pembangunan pabrik di Indonesia pada 2010. Ketika itu, nilai investasi yang bakal ditanam Hyundai mencapai US$ 60 juta. Namun, hingga kini, hal itu belum juga direalisasikan. 

Saat ini, bisnis Hyundai di Indonesia digarap PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku agen pemegang merek (APM). HMI memiliki pabrik perakitan di Bekasi, Jawa Barat, yang dibangun sendiri, tanpa suntikan dana dari prinsipal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…